Tindak ODOL, Dishub Batam Janjikan Puluhan Kali Gelar Razia

Tindak ODOL, Dishub Batam Janjikan Puluhan Kali Gelar Razia

11 Februari 2022
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Razia rutin angkutan Over Dimension Over Load (ODOL) akan digelar Dinas Perhubungan Kota Batam. 

Dalam setahun, kegiatan ini akan dilakukan sebanyak 20 kali dengan mengambil beberapa lokasi.

“Nanti kita akan sesuaikan lokasinya. Yang penting sesuai target,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Salim seperti dimuat Batampos.

Kemudian dia menjelaskan, selain penindakan dengan razia, pihaknya juga akan menggandeng Satlantas Polresta Barelang untuk menindak angkutan tersebut di jalanan.

“Kalau di jalanan kita tidak bisa menindak langsung. Maka kita gandeng rekan-rekan Satlantas,” tuturnya.

Lalu Salim menambahkan kegiatan razia tersebut dilakukan sesuai instruksi Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sebab, salah satu pemicu kerusakan jalan adalah akibat ODOL tersebut. Sehingga, setuap tahunnya pemerintah harus menggelontorkan ratusan miliar untuk perbaikan jalan.

Tahun depan, Kepri, khususnya Batam, bakal bersih dari permasalahan truk ODOL. Selama 2022 ini akan dimaksimalkan penindakan.

“Sesuai rapat dengan Provinsi juga, nanti penindakan langsung dilakukan pihak BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat),” tuturnya.

Untuk penindakan, kata Salim, bagi truk yang melebihi ukuran atau dimensi akan diberikan peringatan dan waktu normalisasi selama 6 bulan. Jika masih melanggar, truk tersebut akan langsung dipotong. “Akan kita tindak tegas langsung,” tukasnya.*