Bintan Dilanda Banjir dan Tanah Longsor

Bintan Dilanda Banjir dan Tanah Longsor

5 Januari 2024
Kawasan terdampak banjir di Bintan/Presmedia.id

Kawasan terdampak banjir di Bintan/Presmedia.id

RIAU1.COM - Sejumlah wilayah di Bintan mengalami banjir dan tanah longsor yang berdampak serius terhadap rumah warga.

"Saat ini, kami fokus pada penanganan darurat dan perhitungan kerusakan. Besok tim akan turun ke lapangan untuk menghitung semua kerugian yang ditimbulkan. Kami ingin segera menerima data ini agar dapat langsung dilakukan tindakan penanganan," kata Bupati Bintan Roby Kurniawan dalam konferensi pers, Kamis, 4 Januari 2024 yang dimuat Batamnews.

Selain perhitungan kerugian, bupati juga memerintahkan Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk turun langsung melakukan evaluasi dan penanganan bencana.

"Bantuan logistik yang dibutuhkan sudah dipersiapkan dan siap didistribusikan. Makanan siap santap juga telah didistribusikan ke rumah-rumah yang terdampak. Kami meminta Camat dan Lurah/Kades untuk terus memperbarui data wilayah masing-masing," ujar dia.

Diketahui, hujan deras sepanjang hari juga mengakibatkan beberapa ruas jalan tergenang air di beberapa titik. Masyarakat dan pengguna jalan diminta untuk selalu berhati-hati. 

Pihak Kecamatan dan Kelurahan/Desa diminta untuk segera mengambil tindakan cepat guna mengatasi dampak banjir di wilayah masing-masing.

Dari data sementara yang berhasil dihimpun, tercatat 346 jiwa dari 29 keluarga yang terdampak banjir. Data tersebut tersebar di tiga Kecamatan, yakni Bintan Timur, Gunung Kijang, dan Toapaya.*