Harga Sayuran di Batam Naik Hingga 300 Persen

Harga Sayuran di Batam Naik Hingga 300 Persen

5 Februari 2023
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Saat ini harga sejumlah sayuran mengalami kenaikan harga 100-300 persen. Kenaikan harga diduga terjadi karena kondisi cuaca yang saat ini memasuki musim hujan.

Harga sayuran di Pasar Tos 3000 Jodoh terpantau mengalami kenaikan sejak pekan lalu. Beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga diantaranya kangkung, bayam, sawi Hijau, buncis, kacang panjang, dan timun.

Fendri salah seorang pedagang di Pasar Tos 3000 ini mengatakan kenaikan harga mencapai 300 persen. Sayur mencapai harga tertinggi di pekan ini.

Ia menyebutkan sayur kangkung saat ini dijual dengan harga Rp25 ribu per kilogram, dari harga sebelumnya Rp8-10 ribu. Bayam kini dijual dengan harga Rp30 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp10-12 ribu.

Begitu juga dengan harga sawi dijual dengan harga Rp20 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp9-12 ribu. Kacang panjang dijual dengan harga Rp30 ribu per kilogram, dari harga sebelumnya Rp13 ribu. Serta timun yang mencapai harga Rp20 ribu dari sebelumnya Rp4-6 ribu per kilogram

“Mungkin karena memang pengaruh cuaca juga. Jadi kenaikan harga lebih rata-rata di atas Rp 5 ribu perkilogram (kg),” kata dia akhir pekan ini.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad seperti dimuat Batampos mengatakan, pihaknya mengakui memang ada kenaikan harga sejumlah komoditi. 

Sebab itu, dalam waktu dekat akan menggelar rapat bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk membahas stok, dan fluktuatif kenaikan harga komoditi ini.

“Harus diakui, beberapa komoditi terpantau naik. Meskipun Batam cukup berhasil dalam menekan inflasi, namun stabilitas harga masih menjadi tantangan yang harus diselesaikan,” tutur dia.*