Sambal Bilis Cabai Kering di Batam Catat Rekor Muri

Sambal Bilis Cabai Kering di Batam Catat Rekor Muri

23 Juli 2023
Pemecahan rekor Muri pembuatan sambal bilis di Batam

Pemecahan rekor Muri pembuatan sambal bilis di Batam

RIAU1.COM - Bersama Batam Tourism Polytechnic (BTP) Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau berhasil pecahkan rekor MURI, sambal bilis terbanyak menggunakan cabai kering, Sabtu (22/7).

Ada sebanyak 1.409 kotak sambal bilis berhasil dibuat. Pembuatan sambal bilis ini, dituntun langsung oleh pakar kuliner ternama di Indonesia, William Wirjaatmadja Wongso.

“Minyaknya jangan terlalu panas. Nanti, jika ikannya gosong, pahit jadinya,” kata Chef William Wongso yang dimuat Batampos.

Sembari bicara, Chef William Wongso memperhatikan para ibu-ibu yang sedang menggoreng ikan bilis dan kacang.

“Kacangnya juga gosong yah,” ucapnya.

Deputi Kepala BI Kepri, Adidoyo Prakoso mengatakan, bahwa kegiatan dalam rangka mengkampanyekan konsumsi cabai kering di masyarakat.

“Mungkin banyak bertanya, apa sih kaitannya Bank Indonesia dengan cabai. Atau ada yang tanya, kok Bank Indonesia urusi cabai,” ujar Adidoyo.

Bank Indonesia, salah satu tugas pokoknya adalah memelihara kestabilan nilai rupiah. Didalamnya juga menjaga inflasi.

Akhir-akhir ini di Batam khususnya, Kepri umumnya, cabai adalah satu penyumbang inflasi. Oleh sebab itu, Bank Indonesia mendorong masyarakat bisa menggunakan cabai kering, atau menanam cabai di pekarangan rumah sendiri.

“Alhamdulillahnya, inflasi Kepri terendah di Sumatera,” ucap Adidoyo.

Demi menjaga inflasi di Kepri rendah, berbagai hal dilakukan. Salah satunya melalui gerakan nasional pengendalian inflasi pangan.

Ketua Pembina Yayasan Vitka, Asman Abnur mengatakan, ikan bilis dan kacang adalah makanan khas yang sering dibuat masyarakat Kepri.

Tentunya, menu ini sangat umum bagi masyarakat. Pembuatannya juga tidak sulit. Namun, untuk mengurangi biayanya, bisa menggunakan cabai kering sebagai alternatifnya.

“Orang Kepri tak bisa lepas dari bilis dan cabai kering. Di Sumatera Barat, jengkol penyebab inflasi. Di Kepri, cabai salah satu penyebabnya,” tutur Asman.

Ia berpesan, menu-menu khas asli dari Kepri ini, jangan hanya berjaya di negeri sendiri. Tapi, harus ekspansi keluar. Sehingga, dapat menurunkan inflasi.

Rekor MURI sambal bilis terbanyak menggunakan cabai kering ini, berhasil diselesaikan sekitar pukul 11.30 WIB.*