Ternyata Ini Penyebab Puluhan Murid SD di Meranti Keracunan Dua Pekan Lalu

Ternyata Ini Penyebab Puluhan Murid SD di Meranti Keracunan Dua Pekan Lalu

12 Juni 2024
Murid SD di Meranti keracunan dua pekan lalu

Murid SD di Meranti keracunan dua pekan lalu

RIAU1.COM - Pada akhir bulan Mei lalu, puluhan murid SDN 05 Dwi Tunggal Kecamatan Rangsang, Kepulauan Meranti, keracunan makanan.

Setelah melewati hasil pemeriksaan sejumlah sampel diketahui penyebab para siswa mengalami keracunan adalah berasal dari bakteri Escherichia Coli (E Coli).

Seperti itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kepulauan Meranti M Fahri, Rabu (12/6/2024).

Disebutkan Fahri, sampel yang diambil untuk diteliti di Laboratorium Kesehatan dan Lingkungan (Labkesling) diambil dari lingkungan SDN 05 Dwi Tunggal Kecamatan Rangsang. Sampel tersebut berupa jajanan seperti sosis goreng, minuman dan es batu hingga jajanan kemasan.

"Dari hasil penelitian di laboratorium diketahui penyebab siswa keracunan adalah karena tidak higienisnya jajanan yang dikonsumsi siswa. Penyebab keracunan makanan ya bakteri E Coli. Bakteri ini berkaitan dengan kebersihan, bisa disimpulkan jajanan yang dijual saat itu tidak higienis," ujar M Fahri.

Sebelumnya puluhan siswa siswi SDN 5 Dwi Tunggal Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti Riau keracunan usai meminum kemasan sachet di kantin sekolah. Para korban sempat dibawa ke Puskesmas.*