Gunung Marapi Erupsi, Masih Ada Pendaki Asal Riau yang Belum Turun

Gunung Marapi Erupsi, Masih Ada Pendaki Asal Riau yang Belum Turun

4 Desember 2023
Gunung Marapi Erupsi/Antara

Gunung Marapi Erupsi/Antara

RIAU1.COM - Dilaporkan Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) erupsi pada Ahad (3/12) sekitar pukul 14.54 WIB. Gunung itu menyemburkan abu vulkanik sekitar 3.000 meter.

Berdasarkan keterangan Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Riau Rozita mengatakan dari 75 pendaki Marapi, ada 29 orang yang berasal dari Riau. Sebagian dari mereka sudah turun, dan sisanya 6 orang lagi belum turun.

"Tadi kita kordinasi dengan BPBD Sumatera Barat, masih ada 6 pendaki asal Riau yang belum turun," ujar Rozita, Senin (4/12).

Sementara itu, petugas pemantau Gunung Merapi, Ahmad Rifandi mengatakan, erupsi terjadi pada Minggu kemarin pukul 14.54 WIB.

Loading...

"Tinggi kolom letusan teramati sekitar 3.000 m di atas puncak atau sekitar 5.891 m di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur," katanya melalui keterangan tertulis.

Dia mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Marapi pada radius 3 Km dari kawah/puncak.*