Implementasi QRIS Provinsi Kepri Terbaik di Sumatera

Implementasi QRIS Provinsi Kepri Terbaik di Sumatera

30 November 2022
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad terima penghargaan

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad terima penghargaan

RIAU1.COM - Penghargaan dari Bank Indonesia (BI) diterima Gubernur Kepri, Ansar Ahmad di ajang BI Award 2022 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Rabu (30/11/2022). 

Penghargaan ini diberikan karena Ansar dinilai telah berhasil membawa Kepri  sebagai implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) terbaik. Bahkan terbaik di wilayah Sumatera.

Selain Ansar, ada 4 kepala daerah lain yang juga  mendapatkan penghargaan kategori yang sama yakni  Gubernur Pemprov DI Yogyakarta terbaik untuk wilayah Jawa,  Pemprov Bali terbaim untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Pemprov Kalimantan Timur terbaik untuk Wilayah Kalimantan, dan Pemprov Sulawesi Utara terbaik untuk Wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Keberhasilan Provinsi Kepri mendapatkan penghargaan sebagai pengimplementasi QRIS terbaik ini menurut Gubernur Ansar tak lepas dari upaya Pemprov bersama Bank Indonesia, serta stake holder terkait untuk terus menggesa upaya digitalisasi di daerah dalam rangka menyongsong era society 5.0. 

"Implementasi QRIS ini merupakan salah satu langkah awal digitalisasi suatu kawasan. Saat ini masyarakat hidup berdampingan dengan terus melakukan transaksi-transaksi, jadi itu hal yang dasar. QRIS, sebagai bentuk digitalisasi transaksi menjadi dasar atas digitalisasi lain sebagai persiapan menuju perubahan menjadi Society 5.0, di mana sejumlah besar informasi dari sensor wilayah fisik diakumulasikan ke dalam wilayah maya," ujarnya seperti dimuat Batamnews.

Loading...

Contoh nyata upaya Gubernur Ansar dalam menggesa digitalisasi Kepri adalah meresmikan Pulau Penyengat, pulau historis di Kepri menjadi Pulau Digital dengan QRIS Bank Riau Kepri Syariah pada 9 April 2022 yang lalu. Dengan demikian Pulau Penyengat yang terkenal dengan wisata religinya sekaligus menjadi pilot project penggunaan QRIS sebagai alat transaksi. 

"Jadi sejak diresmikan jadi Pulau Digital, segala bentuk transaksi di Penyengat, mulai dari ongkos pompong, ongkos becak motor, transaksi kuliner hingga oleh-oleh, semuanya kita utamakan menggunakan QRIS. Loket pembayaran pompong, penambang bentor, hingga kios makanan dan oleh-oleh sudah kita lengkapi dengan QR code QRIS. Dan semuanya kita lakukan bekerjasama dengan Perwakilan BI di Batam. Sinergitas yang kita bangun bersama BI  juga sudah sangat baik selama ini," jelasnya.*