Sejarah Hari Ini: Lahirnya Induk Organisasi Sepak Bola Tanah Air, PSSI

Sejarah Hari Ini: Lahirnya Induk Organisasi Sepak Bola Tanah Air, PSSI

19 April 2020
Ilustrasi skuad Hindia Belanda (foto: istimewa/internet)

Ilustrasi skuad Hindia Belanda (foto: istimewa/internet)

RIAU1.COM - Hari ini Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) berulang tahun. Induk organisasi sepak bola tertinggi Tanah Air ini lahir tahun 1930 di Yogyakarta.

Orang yang paling berpengaruh dari lahirnya organisasi ini adalah seorang insinyur sipil bernama Soeratin Sosrosoegondo dinukil dari pssi.org, Minggu, 19 April 2020.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg, Jerman pada 1927, ia memilih bekerja sebagai pria pribumi satu-satunya di perusahaan konstruksi miliki Belanda, Sizten en Lausada di Hindia Belanda.

Kemudian memilih resign karena ingin memajukan sepak bola Tanah Air. Beberapa pertemuan digagas untuk mewujudkan mimpinya. Seperti di kediaman pribadinya untuk menghindari sergapan Polisi Belanda (PID).

Kemudian di hotel kecil Binnenhof di Jalan Kramat 17, Jakarta dengan ketua Voetbalbond Indonesische Jakarta (VIJ) hingga terbentuknya organisasi ini dengan nama Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia.

Nama ini kemudian diubah pada kongres PSSI di Solo 1950 menjadi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia dengan menetapkan Soeratin sendiri sebagai Ketua Umumnya.