10 Kabupaten dan Kota Dilanda Banjir Sepekan Terakhir, Kepala BNPB Turun ke Riau

10 Kabupaten dan Kota Dilanda Banjir Sepekan Terakhir, Kepala BNPB Turun ke Riau

18 Januari 2024
Kepala BNPB Suharyanto usai meninjau banjir di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Kamis (18/1/2024). Foto: Surya/Riau1.

Kepala BNPB Suharyanto usai meninjau banjir di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Kamis (18/1/2024). Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meninjau banjir di Provinsi Riau. Pasalnya, sepuluh kabupaten dan kota sedang mengalami banjir besar di Riau

Kepala BNPB Suharyanto usai meninjau banjir di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Kamis (18/1/2024), mengatakan, sepuluh kabupaten dan kota sedang banjir besar di Riau. Banjir ini diberitakan terus. 

Pemprov Riau dan kabupaten-kota telah menerapkan status tanggap darurat dan siaga darurat. Sehingga, pemerintah pusat harus hadir.

"Presiden Jokowi langsung memerintahkan saya datang ke Riau. Saya sudah meninjau di tiga wilayah yaitu Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Pelalawan, dan Kota Pekanbaru," ujar Suharyanto. 

Karena curah hujan cukup tinggi, sehingga banyak masyarakat terdampak banjir sejak sepekan lalu. Bahkan, ribuan orang mengungsi di tiga wilayah ini. Masih ada tujuh kabupaten yang akan ditinjau juga.

"Saya sudah melihat langkah-langkah pemda Riau dalam penanganan banjir," ungkap Suharyanto. 

Kebutuhan para pengungsi rata-rata sudah terpenuhi. Pemerintah pusat juga memperkuat bantuan. 

"Saya juga berdialog dengan masyarakat. Walaupun di tengah situasi bencana, tidak ada pengungsi yang menderita berlebihan," ujar Suharyanto. 

Para pengungsi masih semangat. Hal ini pertanda yang baik. 

"Kami yakinkan kebutuhan para pengungsi terjamin dengan baik. Dari DPR juga turun langsung yaitu Ahmad. Beliau anggota komisi VIII, salah satunya membidangi bencana alam. Kebetulan, daerah pemilihan beliau dari Provinsi Riau," sebut Suharyanto. 

Besok, BNPB menggelar rapat koordinasi untuk menentukan langkah-langkah ke depan dalam jangka menengah dan panjang. Mudah-mudahan, bencana alam bisa diatasi di Riau.