Teken Kerja Sama, Bulog Riau-Kepri Siap Suplai Komoditas Pangan untuk Waserda Pemko Pekanbaru

Teken Kerja Sama, Bulog Riau-Kepri Siap Suplai Komoditas Pangan untuk Waserda Pemko Pekanbaru

12 April 2019
Asisten II Bidang Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru El Sabrina. Foto: Surya/Riau1.

Asisten II Bidang Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru El Sabrina. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru menindaklanjuti kerja sama dengan Bulog Divre Riau-Kepri dengan menandatangani kerja sama. Setelah kerja sama ini, maka Bulog Riau Kepri akan memasok komoditas pangan ke koperasi warung serba ada (waserda) di tiap OPD dan masjid paripurna.

Asisten II Bidang Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru El Syabrina usai penandatangan MoU tersebut di kantor wali kota, Jumat (12/4/2019), mengatakan, Pemko Pekanbaru sudah bekerja sama dengan Bulog untuk penyediaan komoditas pangan bagi koperasi-koperasi waserda yang ada di bawah binaan tiap OPD, termasuk Dinas Koperasi dan UKM. Komoditas pangan bagi koperasi waserda syariah di masjid paripurna ini dipasok oleh Bulog Riau-Kepri.

"Kami mengarahkan agar koperasi waserda berbentuk syariah dibuka di masjid paripurna di kecamatan dan kelurahan. Jadi nanti, Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako Pekanbaru akan mencoba memberikan edukasi dan juga mendirikan waserda syariah di masjid-masjid paripurna," paparnya.

Demikian juga dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Waserda syariah akan didirikan di sejumlah pasar. 

"Tentunya, Disperindag melanjut nota kesepahaman ini dengan membuat perjanjian kerja sama dengan Bulog Riau-Kepri," ucap Syabrina.

Makanya, Disperindag diminta agar jangan sampai momen Ramadan dan Lebaran disia-siakan. Karena, kebutuhan semakin melonjak menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

Begitu juga dengan Dinas Pendidikan. OPD ini diminta mendirikan koperasi waserda di tiap SD dan SMP. Begitu juga dengan Kementerian Agama. Sekolah binaannya juga diminta mendirikan koperasi waserda di madrasah-madrasah.

"Setelah perjanjian kerja sama dijalin OPD tersebut bersama Bulog Riau Kepri, maka kami mengatur pembiayaannya dengan Bank Riau Kepri Syariah," jelas Syabrina.

Diberitakan sebelumnya, Pemko Pekanbaru menandatangi nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan pihak Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Riau-Kepulauan Riau, Rabu (6/2/2019). Salah satu fungsi kerja sama ini guna mencegah penimbunan bahan pangan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Di samping pengawasan bahan pangan, kerja sama ini juga memberdayakan kelompok usaha berbentuk koperasi di masjid paripurna. Bahan pangan dipasok ke koperasi di masjid paripurna.

"Kami ingin menggerakkan ekonomi produktif di masing-masing koperasi di lembaga masjid paripurna dalam bentuk toko. Maka, jaringan pertokoan dari umat tadi menjadi jejaring penyediaan pangan," harap Wali Kota Pekanbaru Firdaus.