Sabtu, 21 Mei 2022

PEKANBARU

Direncanakan Sejak 26 Tahun Lalu, Pemko Pekanbaru Sudah Lengkapi Administrasi dan Dokumen Kawasan Industri Tenayan

news24xx


Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1. Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Kawasan Industri Tenayan (KIT) di Kecamatan Tenayan Raya diharapkan segera beroperasi. Pasalnya, KIT ini telah direncanakan sejak tahun 1993.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Minggu (6/10/2019), mengungkapkan, KIT ini sebenarnya sudah dicanangkan pada 1993. Dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Pekanbaru sudah direncanakan tentang KIT ini. Lalu, kawasan KIT ini ditetapkan di Kecamatan Tenayan Raya oleh wali kota Pekanbaru pada 1999. 

"Pada 2002 hingga 2004, Pemko Pekanbaru mulai pembebasan lahan sekitar 306 hektare. Sekitar 40 hektare dipakai oleh Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)," katanya.

Baca Juga: Hari Terakhir Masuk Kerja, Wali Kota Pekanbaru Gantung Seragam PNS



www.jualbuy.com

Sehingga, lahan yang tersisa sekitar 226 hektare. Pada 2013, di awal kepemimpinan Firdaus sebagai wali kota Pekanbaru, KIT mulai dilanjutkan. 

"Kami sudah menyusun feasibility study (studi kelayakan) dan master plan (rencana induk). Master plannya terus kami ubah sesuai perkembangan zaman," jelas Ingot.

Kini, rencana pembangunan KIT sudah sampai pada titik krusialnya. Administrasi dan dokumen sudah dilengkapi.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Terkendali di Pekanbaru

"Sekarang, kami tinggal mengurus izin usaha industri. Kemudian, kami juga melakukan finalisasi mekanisme kerja sama yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai pengelola dengan calon mitra strategisnya," sebut Ingot. 

Oleh karena itu, pimpinan DPRD diajak Wali Kota Pekanbaru Firdaus untuk berkonsultasi ke Kementerian Perindustrian dan Badan Koordinasi Penanaman Modal. Karena, hasil konsultasi ke pemerintah pusat ini sangat terkait dengan operasional ke depannya. 

"Dalam konteks ini, kami sangat berharap seluruh pemangku kebijakan di Pemko Pekanbaru bisa segera merealisasikan KIT," harap Ingot.





loading...
Loading...