Lelang Jabatan 7 Kepala OPD, Wali Kota Pekanbaru Hanya Pilih yang Loyal dan Berkarakter

Lelang Jabatan 7 Kepala OPD, Wali Kota Pekanbaru Hanya Pilih yang Loyal dan Berkarakter

7 November 2019
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Uji kompetensi dan sesi wawancara 27 calon kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemko Pekanbaru telah rampung. Meski memiliki tinggi dalam tes seleksi tersebut, mereka yang dipilih hanya yang loyal dan berkarakter.

Hal ini ditegaskan Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Kamis (7/11/2019).

"Proses seleksi kepala OPS sudah selesai. Saya hanya akan memilih pejabat yang memiliki karakter dan loyalitas tinggi untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi pratama," katanya.

Firdaus tidak mempertimbangkan nilai tertinggi para calon kepala OPD tersebut. Hal terpenting baginya adalah loyalitas.

"Nanti, panitia seleksi (pansel) mengajukan tiga nama dari tiap jabatan kepala OPD yang dilelang itu," ucap Firdaus.

Setelah dipilih dan diputuskan, maka tujuh calon kepala OPD itu akan dilantik sebelum akhir tahun. Pasalnya, tujuh jabatan ini sudah harus diisi oleh pejabat definitif.

Diberitakan sebelumnya, sekitar 27 calon kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemko Pekanbaru telah selesai menjalani ujian kompetensi dan sesi wawancara. Selanjutnya, para calon kepala OPD ini dipilih melalui rapat.

"Hasil seleksi calon kepala OPD belum ada. Kami baru selesai proses wawancara," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru M Noer di Mal Pelayanan Publik (MPP), Senin (4/11/2019).

Hasil wawancara telah direkap. Dalam sesi wawancara itu, masing-masing calon kepala OPD mempresentasikan dua makalah.

"Kemarin itu, selama dua hari, murni sesi wawancara. Kami juga meminta mereka mengaitkan dengan visi misi wali kota periode 2017-2022," urai M Noer.

Setelah itu, hasil uji kompetensi dan wawancara akan dirapatkan kembali pada 9 Oktober mendatang.

"Seleksi yang kami lakukan ini hanya untuk tujuh jabatan kepala OPD. Karena, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mengizinkan tujuh jabatan ini," jelas M Noer.

Diberitakan sebelumnya, Pemko Pekanbaru membuka lowongan untuk tujuh jabatan kepala OPD. Namun, jabatan kepala OPD ini harus melalui proses uji dari pansel. Saat ini, tujuh jabatan kepala OPD ini masih diisi oleh pejabat berstatus pelaksana tugas (Plt).

Tujuh jabatan kepala OPD yang sedang direbutkan antara lain, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes), Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop UMKM), Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang).