Rabu, 28 Oktober 2020

PEKANBARU

Pemko Pekanbaru Ajak Warga Buat Biopori untuk Tekan Genangan Air Hujan

news24xx


Rapat pembahasan Master Plan Pengendalian Banjir di Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Jumat (18/9/2020). Foto: Surya/Riau1. Rapat pembahasan Master Plan Pengendalian Banjir di Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Jumat (18/9/2020). Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru sedang membuat master plan (perencanaan) pengendalian banjir. Salah satu langkah pengendalian banjir itu adalah pembuatan biopori (lubang resapan air) di sekitar rumah warga.

"Kami berharap bahwa master plan pengendalian banjir ini lebih implementatif dan sifatnya komprehensif. Kami juga ingin merangkul seluruh stakeholder yang ada," kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru El Syabrina usai ekspos laporan pendahuluan master plan pengendalian banjir di Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Jumat (18/9/2020). 

Baca Juga: Tindak Lanjut Temuan Narkoba di KTV Imperial Hotel Grand Central, Disegel dan Izin Dicabut Pemko Pekanbaru



www.jualbuy.com

Jadi, pembuatan master plan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) saja. Tapi, pembuatan master plan pengendalian banjir ini melibatkan semua pihak, termasuk warga Pekanbaru. 

"Salah satu peran masyarakat adalah membuat biopori yang berguna menangkap air hujan. Biopori ini juga berguna mensuplai air tanah di sumur-sumur rumah warga," jelas El Syabrina.

Baca Juga: 207 Pasien Corona Sembuh di Pekanbaru Hari Ini, Konfirmasi Positif 122 Orang dan 2 Meninggal Dunia

Biopori berfungsi mencegah terjadinya penurunan air hujan yang deras. Sehingga, air yang mengalir semakin mengecil. 

"Itu sebenarnya tujuan master plan ini," ucap El Syabrina.





loading...
Loading...