Labor Biomolekuler RSD Madani Pekanbaru Bisa Cek 1.000 Sampel Swab Test Sehari

Labor Biomolekuler RSD Madani Pekanbaru Bisa Cek 1.000 Sampel Swab Test Sehari

3 November 2020
Kepala Dinkes Kota Pekanbaru M Noer. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinkes Kota Pekanbaru M Noer. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pembangunan laboratorium biomolekuler masih dalam tahap pemasangam peralatan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru saat ini. Jika rampung, labor ini bisa mengecek 1.000 sampe swab test dalam sehari.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru M Noer di Gedung DPRD, Selasa (3/11/2020), mengatakan, laboratorium biomolekuler sedang dikerjakan. Informasi dari Direktur RSD Madani David Oloan bahwa peralatan labor sedang dipasang. Berarti, laboratorium segera dioperasikan.

"Laboratorium ini untuk memeriksa hasil swab test. Sebelumnya, hasil swab test diperiksa di laboratorium biomolekuler RSUD Arifin Achmad," ujarnya.

Namun, kapasitas labor biomolekuler terbatas. Hasil sampel swab test keluar dua atau tiga hari kemudian.

"Dengan adanya labor biomolekuler sendiri, maka hasil swab test bisa lebih cepat. Jika terpasang semua, maka bisa mengecek 1.000 sampel swab test dalam sehari. Saya sudah mendesak direktur RSD Madani segera difungsikan," ungkap M Noer.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengatakan bahws labor biomolekuler RSD Madani sudah dimulai pekerjaannya. Peralatan labor sudah datang.

Pemasangan alat diharapkan selesai dalam dua pekan. Akhir November, labor biomulekuler diharapkan sudah berfungsi.