Warga Keluhkan Toilet Umum di Taman Dekat Rumah Dinas Walikota Pekanbaru

Warga Keluhkan Toilet Umum di Taman Dekat Rumah Dinas Walikota Pekanbaru

10 Februari 2021
Penampakan kondisi salah satu toilet di RTH Tunjuk ajar integritas

Penampakan kondisi salah satu toilet di RTH Tunjuk ajar integritas

RIAU1.COM - Sarana fasilitas umum jadi salah satu yang harusnya menjadi perhatian bagi pemerintah. Hal ini karena bersentuhan dan dirasakan langsung manfaatnya bagi masyarakat luas.

Salah satunya, masyarakat kota Pekanbaru mengeluhkan keberadaan toilet atau WC Umum yang ada di lingkungan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tunjuk Ajar Integritas tepat di depan rumah dinas Walikota Pekanbaru.

Pantauan Riau1.com pada Rabu (10/2), terdapat dua bangunan Toilet Umum di taman tersebut. Namun hanya satu bangunan toilet yang berfungsi seadanya, tidak maksimal karena hanya satu sisi saja yang berfungsi.

Satu bangunan toilet umum berwarna merah bata tersebut berada di tengah taman, dan satunya lagi berada di pojok, persis di sisi sudut sebelah kiri taman RTH.

Toilet umum yang berada di pojok taman sama sekali tidak berfungsi karena tidak dialiri air. Tampak sisi toilet wanita di palang menggunakan balok kayu dan sisi toilet pria dipenuhi sampah daun kering.

Bau tidak sedap bisa langsung dirasakan ketika berdiri di pintu toilet tersebut. 

“Kayaknya memang tak ada pemeliharaan dari pihak terkait,” ujar Husni salah seorang warga Pekanbaru yang tengan berkunjung ke taman tersebut.

Padahal, Sekali buang air di toilet umum yang masih berfungsi di tengah RTH tersebut dipatok Rp3000. 

“Sangat disayangkan, tak ada perhatian pemerintah untuk mengurus fasilitas umum seperti toilet ini. Apalagi posisinya ditengah kota yang juga dikunjungi warga dari luar daerah Pekanbaru, apa pemerintah tak malu?,” tanyanya.

Menurutnya, fasilitas umum merupakan wajah dari kota. “Baik fasilitas umumnya, maka baik juga wajah kotanya, begitu juga sebaliknya,” tambahnya.