Giant Panam Pekanbaru Tutup Bulan Depan, Wali Kota Firdaus: Mereka Harus Diskusi dengan Kami

Giant Panam Pekanbaru Tutup Bulan Depan, Wali Kota Firdaus: Mereka Harus Diskusi dengan Kami

14 Februari 2021
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru mengganggap rencana Supermarket Giant Ekstra Panam yang akan tutup pada 17 Maret 2021 hanya isu belaka. Ternyata, manajemen supermarket di dalam kawasan Metropolitan City (MTC), Jalan Soebrantas, Kecamatan Bina Widya, belum mengajukan pencabutan izin dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). 

Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Sabtu (13/2/2021), menjabarkan, Pemko Pekanbaru tak pernah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam 24 jam dari awal penanganan pandemi corona. Karena, negara maju yang menerapkan lockdown (karantina wilayah) mengakibatkan perekonomian jadi anjlok.

"Kita juga berbeda dengan Jakarta. Pekanbaru memberikan ruang kepada perekonomian lebih besar agar terus bergerak," kata Firdaus.

Namun dengan panjangnya waktu pandemi corona ini (hampir satu tahun), tentunya berakibat pada pertumbuhan ekonomi. Kondisi ini tak hanya berdampak pada perusahaan yang besar, tapi juga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

"Mengenai isu bahwa Supermarket Giant Panam mau tutup, kami belum mendapat informasi sampai hari ini. Kalau benar-benar mau tutup, tentu mereka harus berdiskusi dengan kami," ungkap Firdaus.

Karena, penutupan usaha Supermarket Giant Panam tentu akan menghilangkan lapangan pekerjaan yang banyak. Masalah pengangguran akan muncul.

"Ini juga membuat beban pemerintah semakin berat. Maka, kami akan berupaya untuk memberikan insentif dalam meringankan beban mereka (Giant Panam), sehingga kegiatan perekonomian bertahan," ucap Firdaus.