Bantuan Chevron Tuai Hasil, Kelompok Tani Palas Mandiri Rumbai Barat Pekanbaru Panen Cabai Merah

Bantuan Chevron Tuai Hasil, Kelompok Tani Palas Mandiri Rumbai Barat Pekanbaru Panen Cabai Merah

21 Februari 2021
Rektor UNRI Profesor Aras Mulyadi. Foto: Surya/Riau1.

Rektor UNRI Profesor Aras Mulyadi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Meski masa kejayaannya akan berakhir pada Agustus 2021, PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) tetap memberikan bantuan sarana produksi pertanian kepada warga Riau, terutama kelompok tani. Salah satu bantuan di bidang pertanian itu telah menuai hasil yaitu tanaman cabai merah yang dikelola Kelompok Tani Palas Mandiri di Kecamatan Rumbai Barat, Kota Pekanbaru, sudah bisa dipanen. 

Rektor Universitas Riau (UNRI) Profesor Aras Mulyadi, Sabtu (20/1/2021), mengatakan, PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) menyalurkan bantuan bibit cabai merah ke kelompok tani pada tahun lalu. Bantuan ini merupakan program ketahanan pangan selama pandemi corona. 

Bantuan ini merupakan salah satu program PT CPI yaitu Chevron untuk Riau Sehat Sejahtera (Cherish). Kegiatan ini adalah kerja sama antara berbagai pihak, baik pemerintah maupun PT CPI. Kegiatan ini merupakan program PT CPI yang dilaksanakan dalam rangka pandemi corona.

"Kegiatan ini juga memperkuat para petani di provinsi Riau. Program Cherish ini telah menyalurkan bantuan kepada 20 kelompok tani yang tersebar di 6 kabupaten dan kota," sebut Profesor Aras. 

Bantuan Cherish ini diberikan kepada 3 kelompok tani di Kota Dumai 3, Kabupaten Rokan Hilir 3 kelompok tani, Kabupaten bengkalis 2 kelompok tani, Kabupaten Siak 2 kelompok tani, Kabupaten Kampar 2 kelompok tani, dan Kota Pekanbaru 8 kelompok tani. Bantuan yang disalurkan kepada kelompok tani ini berupa sarana produksi pertanian yang diserahkan pada November 2020 lalu.

"Para kelompok tani ini sudah berhasil. Bulan lalu, kami panen padi di Desa Petapahan, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Hari ini, kami  akan panen bersama di Kelompok Tani Palas Mandiri di Kelurahan Agrowisata," ujar Profesor Aras. 

Di Pekanbaru, bantuan dari PT CPI diterima oleh Kelompok Tani Suka Tani di Kelurahan Lembah Sari Kecamatan Rumbai Timur, Kelompok Tani Sejahtera, Kelompok Tani Lestari, Kelompok Tani Karya Tani di Kelurahan Tebing Tinggi Okura Kecamatan Rumbai Timur, Kelompok Tani Harapan Tani Maju di Kelurahan Sungai Ambang di Kecamatan Rumbai Timur, Kelompok Tani Sumber Rezeki di Kelurahan Meranti Pandak Kecamatan Rumbai Barat, dan Kelompok Tani Mandiri di Kelurahan Muara Fajar Barat Kecamatan Rumbai Barat. 

"Di Kelompok Tani Palas Mandiri ini,  komoditas yang tersedia sudah ditanam. Kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan untuk siklus berikutnya. Mudah-mudahan dengan program yang dilaksanakan oleh PT CPI mudah-mudahan dapat memberikan dampak yang positif bagi perekonomian masyarakat, khususnya petani di daerah Riau," harap Profesor Aras.