Pasar Limapuluh Terbaik di Pekanbaru, Dinilai BPOM dan 3 Kementerian

Pasar Limapuluh Terbaik di Pekanbaru, Dinilai BPOM dan 3 Kementerian

22 April 2021
Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pasar Limapuluh di Jalan Sultan Syarif Qasim merupakan pasar terbaik di Kota Pekanbaru. Pasar ini masuk nominasi Pasar Aman Nasional yang dinilai oleh pemerintah pusat. 

"Saya menyambut kedatangan tim penilai pasar pada 20 April lalu. Pasar Limapuluh masuk nominasi Pasar Aman Nasional," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Rabu (20/4/2021). 

Hingga saat ini, tersisa 9 pasar lagi yang dinilai Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Perdagangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jadi, Pasar Limapuluh ini salah satu dari 9 pasar yang masuk nominasi itu. 

"Pasar aman itu adalah pasar yang aman dari bahan berbahaya. Intinya, tim BPOM akan menilai penataan bahan komoditas," ucap Ingot. 

Contohnya, komoditas pangan jangan dicampur dengan obat-obatan. Jadi, tim dari pusat ini melakukan survei terhadap penggunaan bahan pengawet dan bahan pewarna. 

"Pasar Limapuluh ini merupakan pasar terbaik di Pekanbaru untuk keamanan dari sisi penggunaan bahan berbahaya. Makanya, Pasar Limapuluh masuk nominasi. Kami berharap penilaian ini bisa menginspirasi pasar-pasar lain dalam menjaga kepercayaan masyarakat," harap Ingot.