Dampak Larangan Mudik dan Lebaran Penjualan Ayam Potong di Pekanbaru Meningkat

Dampak Larangan Mudik dan Lebaran Penjualan Ayam Potong di Pekanbaru Meningkat

12 Mei 2021
Kedai ayam potong Yenita di Jalan Soekarno Hatta

Kedai ayam potong Yenita di Jalan Soekarno Hatta

RIAU1.COM - Dampak larangan mudik penjualan ayam potong jelang lebaran Idul Fitri 1442 H di Pekanbaru mengalami peningkatan meskipun dalam kondisi covid-19.

Hal ini ditemukan dibeberapa kios penjualan ayam potong di Pekanbaru yang mengaku cukup kewalahan melayani permintaan masyarakat.

"Alhamdulillah dampak dari mudik dan jelang lebaran Idul Fitri tahun ini, permintaan ayam potong kita meningkat dari hari biasa,"kata Yenita salah satu pedagang ayam potong di jalan Soekarno Hatta ketika ditemui Riau1.com di kiosnya. Rabu 12 Mei 2021.

Untuk harga jual ayam potong sendiri Yenita mengatakan terjadi kenaikkan untuk kategori ayam potong berwarna putih, biasanya Rp31/kg ribu dan sekarang Rp32 Ribu/kg. 

"Sementara ayam berwarna merah dengan berat 2 Kg dijual dengan harga normal Rp60 ribu tidak ada kenaikkan,"bebernya.

Untuk jumlah penjualan sendiri, Yenita menyebutkan untuk hari ini kiosnya sudah menjual sampai 100 ekor lebih ayam potong dengan keuntungan cukup lumayan besar.

"Untuk ayamnya kita ambil dari gudang peternakan ayam yang dekat dari sini,"jelasnya.

Yenita menambahkan tingginya permintaan masyarakat akan ayam potong jelang lebaran ini Ia juga memperkerjakan tiga orang karyawan dan memberlakukan nomor antrian untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan.