Wali Kota Pekanbaru Akui Kerja Keras Keras Tekan Penularan Corona Belum Berhasil

Wali Kota Pekanbaru Akui Kerja Keras Keras Tekan Penularan Corona Belum Berhasil

28 Mei 2021
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Kerja keras Pemko Pekanbaru dalam menekan penyebaran virus corona ternyata belum membuahkan hasil. Buktinya, Riau (termasuk Pekanbaru) berada di peringkat atas dalam penularan virus corona. 

"Dalam rangka memutus penyebaran Covid-19, kerja keras kita belum membuahkan hasil sebagaimana yang diharapkan. Bahkan, tingkat penularan Covid-19 masih tinggi," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Jumat (28/5/2021).

Bahkan, Provinsi Riau tertinggi penularan Covid-19 di Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat prihatin dengan kenaikan penularan Covid-19 di Riau. 

"Sehingga, beliau melakukan kunjungan kerja pada 19 Mei lalu. Beliau memberikan semangat dan dorongan kepada kita semua. Agar, kita bersama-sama memerangi Covid-19," ungkap Firdaus.

Untuk itu, warga harus tetap mematuhi tindakan pencegahan penyebaran corona. Pertama, disiplin yang tinggi dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan di air mengalir dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi perjalanan yang tidak penting (5M). Kemudian, pemerintah melaksanakan Testing (pemeriksaan dini), Tracing (penelusuran untuk setiap pasien yang positif), Treatment (perawatan) atau 3T.

"Langkah berikutnya adalah membangun kekebalan komunitas melalui vaksinasi. Dari 1.136.000 warga Pekanbaru, wajib divaksin 730.000 orang," ujar Firdaus.