PT CDN Riau Beri Ilmu Keselamatan Berkendara untuk 90 Siswa SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru Lewat Webinar

PT CDN Riau Beri Ilmu Keselamatan Berkendara untuk 90 Siswa SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru Lewat Webinar

27 Mei 2021
Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau, Arif Rahman Hakim memberikan pemaparan dalam webinar bersama siswa SMK Muhamadiyah 1 Pekanbaru

Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau, Arif Rahman Hakim memberikan pemaparan dalam webinar bersama siswa SMK Muhamadiyah 1 Pekanbaru

RIAU1.COM - PT Astra Honda  Motor (AHM) dan PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) main dealer Honda wilayah Riau terus memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada masyarakat khususnya pelajar. Untuk memenuhi komitmen Honda dalam memberikan edukasi safety riding kepada masyarakat di tengah pandemi ini, campaign #Cari_Aman keselamatan berkendara dilakukan melalui webinar.

Mengusung tema 'Memaafkan dengan Cari_Aman', kegiatan kali ini diikuti sebanyak 90 siswa/i kelas X-XII SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru yang berlangsung tanggal 27 Mei 2021. Dalam kegiatan ini para peserta diwajibkan mengikuti ujian pre test online seputar keselamatan berkendara untuk menguji kompetensi para siswa/i.

Jonny Winata selaku Sales Manager PT CDN Riau mengatakan, edukasi safety riding melalui webinar ini terus dilakukan meski di masa pandemi ini. Harapannya edukasi safety riding Honda secara daring tetap bermanfaat dan lebih efektif dijalankan pada kondisi pandemi ini.

"Serta bisa meningkatkan sikap awerenes bagi para siswa/i serta akan menjadi bekal untuk siswa/i nantinya saat mereka sudah mencapai usia 17 tahun terutama disiplin dalam hal keselamatan berkendara di jalan raya, dan harapan kami juga para siswa/i yang mengikuti kegiatan ini bisa menjadi duta keselamatan bagi teman yang lain serta di lingkungan keluarga," kata Jonny.

Sementara itu, Kepala Prodi TBSM SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru, Marcuanto mengucapkan terimakasih kepada PT CDN Riau dan PT AHM yang telah mempercayakan SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru menjadi pilihan pada kegiatan safety riding edukasi secara virtual/online.

"Harapannya, siswa/i yang mengikuti kegiatan ini mendapat wawasan tentang keselamatan berkendara di jalan raya, karena kita ketahui bahwa selama ini banyak terjadi kecelakaan lalu lintas pada anak-anak muda khususnya pelajar yang disebabkan ketidaktahuan serta kurang memahami tentang aturan aturan lalulintas di jalan raya serta faktor-faktor sebab akibat terjadinya kecelakaan di jalan raya, nantinya para siswa/i dapat mempraktekkan ilmu ini dalam kehidupan sehari hari dengan satu tujuan yaitu selamat di jalan," sebutnya.

Terpisah, Instruktur Safety Riding PT CDN Riau, Arif Rahman Hakim menyampaikan pentingnya Awarenes, teknik dasar saat berkendara dan 'cari_aman', postur berkendara yang benar untuk pengguna motor Honda matic atau sport, teknik pengereman, teknik menikung serta tatacara menggunakan perlengkapan berkendara dengan benar, karena hal ini juga salah satu faktor penentu untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

"Saat ini 90 persen penyebab kecelakaan di jalan karena faktor manuasianya dan diusia 14-39 tahun adalah usia produktif terjadinya kecelakaan. Untuk aman berkendara, pastikan kondisi badan dalam keadaan sehat dan segar, periksa kondisi kendaraan, pakailah helm standard, jaket serta masker, patuhilah rambu rambu lalu lintas dan jangan lupa persiapkan SIM dan STNK itu semua termasuk dalam kampanye 5P,“ pungkas Arif.