Swab Test Acak di Bandara SSK II Pekanbaru, 17 Orang dari Pulau Jawa Positif Corona

Swab Test Acak di Bandara SSK II Pekanbaru, 17 Orang dari Pulau Jawa Positif Corona

5 Juli 2021
Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi. Foto: Surya/Riau1.

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Sebanyak 17 orang yang menggunakan maskapai penerbangan dari pulau Jawa dinyatakan positif corona. Hal ini terungkap setelah dilakukan swab test terhadap penumpang di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru beberapa hari lalu. 

"Saya dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti rapat secara virtual dengan Gubernur Riau Syamsuar bersama Forkopimda Riau. Rapat bersama 12 kepala daerah kabupaten dan kota ini menyikapi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa dan Bali," kata Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Senin (5/7/2021). 

Rapat ini guna menyikapi PPKM darurat di pulau Jawa dan Bali. Dalam rapat itu disampaikan bahwa penumpang pesawat dari pulau Jawa hanya 10 persen yang diambil sampel swab test (tes usap) secara acak. 

"Ternyata, ada 17 penumpang positif corona yang baru datang dari pulau Jawa. Saat ini, pasien positif itu sudah diisolasi Asrama Haji," ungkap Ayat. 

Hal lain yang dibahas terkait persediaan obat untuk pasien Covid-19. Gubri dan Forkopimda juga ingin memastikan persediaan oksigen di tiap rumah sakit yang merawat pasien Covid-19. 

"Karena kejadian di Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito Yogyakarta mengalami kehabisan oksigen. Hal ini harus menjadi perhatian kabupaten dan kota di Riau," sebut Ayat. 

Melihat kondisi ini, obat untuk pasien Covid-19 di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani tersedia. Diharapkan juga, pasien Covid-19 banyak yang sembuh. Sehingga, banyak ruang ventilator untuk penanganan pasien Covid-19.