PPKM Pekanbaru, Peran Siskamling Dimaksimalkan Atur Pergerakan Warga

PPKM Pekanbaru, Peran Siskamling Dimaksimalkan Atur Pergerakan Warga

8 Agustus 2021
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Humas Pemko Pekanbaru.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Humas Pemko Pekanbaru.

RIAU1.COM -Pemerintah pusat tetap melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Pekanbaru hingga kondisi aman. Pemko Pekanbaru menambah pengetatan pergerakan warga dengan mengaktifkan siskamling di lingkungan Rukun Warga (RW). 

Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Minggu (8/8/2021), mengatakan, PPKM tetap dilanjutkan hingga kondisi benar-benar aman. Untuk Kota Pekanbaru, kekuatan disinergikan di lingkungan Rukun Warga (RW).

"Kami akan maksimalkan peran siskamling untuk pengaturan masyarakat di lingkungan RW. Dasar PPKM itu adalah berbasis RW," ujarnya. 

Maka, PPKM berbasis RW itu diatur dengan kekuatan siskamling. Kemudian, penyekatan jalan protokol dan batas kota tetap dilanjutkan.

"Jadi, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak merupakan kewajiban. Kalau di Pekanbaru, kami tambah tiga lagi yakni membatasi mobilitas, membatasi pertemuan di keramaian, dan makan di luar bersama keluarga inti dihindari," ucap Firdaus. 

Kemudian, Pemko Pekanbaru juga terus melakukan pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment). Upaya terakhir adalah vaksinasi.