PPKM Level 4 Pekanbaru Bakal Diperpanjang hingga 6 September?

PPKM Level 4 Pekanbaru Bakal Diperpanjang hingga 6 September?

23 Agustus 2021
Kemacetan terjadi akibat penyekatan Jalan Jenderal Sudirman di akhir Juli 2021. Foto: Surya/Riau1.

Kemacetan terjadi akibat penyekatan Jalan Jenderal Sudirman di akhir Juli 2021. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti video conference rapat koordinasi evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 dan penanganan Covid-19 di luar Jawa dan Bali, Sabtu (21/2021). Namun, Pemko Pekanbaru belum dapat memastikan kelanjutan PPKM level 4 karena harus menunggu pengumuman dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Sepertinya kita tetap menerapkan PPKM level 4. Hanya saja, mal dibuka dengan aturan 50 persen dari kapasitas," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pekanbaru Zarman Candra usai rapat di Mal Pelayanan Publik (MPP), Sabtu. 

Namun, kepastian lanjutan PPKM level 4 ini harus menunggu keputusan dari Presiden Jokowi. Karena dari hasil evaluasi para menteri terkait, Pekanbaru sedikit lagi menuju zona oranye.

Informasi yang beredar, sebanyak 105 kabupaten dan kota menerapkan  PPKM level 4. Sebelumnya ada 132 kabupaten dan kota. 

PPKM level 3 sebanyak 232 kabupaten dan kota. PPKM level 2 sebanyak 48 kabupaten dan kota (sebelumnya 39). PPKM level 1 ada 1 kabupaten dan kota (sebelumnya nihil). 

Bagi 105 kabupaten dan kota akan menerapkan PPKM level 4 mulai 24 Agustus hingga 6 September.  Rinciannya, 34 kabupaten dan kota masih menerapkan PPKM level 4. Sebanyak 11 di antaranya masih merupakan kabupaten dan kota yang baru memberlakukan PPKM level 4.

Hari ini, Pemko Pekanbaru kembali menggelar rapat evaluasi PPKM level 4 di ruang Multimedia MPP pukul 14.00 WIB. Rapat ini melibatkan Forkopimda, Kementerian Agama, dan dinas terkait.