PPKM Level 4, Sekolah Swasta di Pekanbaru Gelar Belajar Tatap Muka Tersembunyi

PPKM Level 4, Sekolah Swasta di Pekanbaru Gelar Belajar Tatap Muka Tersembunyi

30 Agustus 2021
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru telah mengetahui aktivitas sekolah swasta membuat program tersembunyi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Program belajar tatap muka tersembunyi ini dinamakan kunjungan ke lapangan. 

"Beberapa sekolah banyak mengakali belajar tatap muka saat PPKM level 4. Beberapa sekolah membuat program kunjungan ke lapangan," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus usai rapat persiapan implementasi penggunaan kanal QRIS pada retribusi daerah di ruang rapat Mal Pelayanan Publik (MPP), Senin (30/8/2021). 

Program kunjungan ke lapangan semacam kegiatan kelompok. Guru sekolah swasta itu datang ke tempat belajar. 

"Walaupun ini tak resmi dan kucing-kucingan, tapi laporan sampai ke saya. Saya sampaikan kepada sekolah-sekolah yang melakukan kegiatan kunjungan ke lapangan ini lebih berbahaya dalam penyebaran virus corona," ucap Firdaus. 

Dalam kegiatan ini, lokasi belajar tatap muka disediakan orang tua peserta didik di rumah. Jumlah peserta didik yang hadir juga banyak. Protokol kesehatan dipastikan tidak akan terkontrol. 

"Ini berbahaya bagi kesehatan anak-anak. Membuat kegiatan tersembunyi seperti ini membahayakan. Hal ini menunjukkan bahwa kira tidak peka dan tidak sayang dengan anak-anak," sebut Firdaus. 

Kepada para orang tua dan pihak diimbau agar menghentikan kegiatan kunjungan ke lapangan ini. Apalagi, jumlah peserta didik lebih dari 10 orang dalam satu pertemuan. 

"Pihak sekolah mengakali pertemuan dengan cara seperti tadi. Kunjungan lapangan dengan guru yang membimbing peserta didik belajar tatap muka dengan seizin orang tua. Yang paling banyak sekolah swasta," ungkap Firdaus.