Pelajar SMK Taruna Pekanbaru Kembali Mendapat Ilmu Safety Riding Melalui Webinar Capella Honda Riau

Pelajar SMK Taruna Pekanbaru Kembali Mendapat Ilmu Safety Riding Melalui Webinar Capella Honda Riau

27 Agustus 2021
Webinar safety riding CDN Riau bersama siswa SMKS Taruna Pekanbaru

Webinar safety riding CDN Riau bersama siswa SMKS Taruna Pekanbaru

RIAU1.COM - Keselamatan berkendara adalah ilmu yang wajib diketahui oleh semua orang khususnya pengendara karena kapanpun dan dimanapun kecelakaan saat berkendara dapat menimpa siapapun tidak memandang usia maupun profesi. Kecelakaan membawa kerugian bagi pengendara.

Untuk itu PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Riau gencar menyebarkan ilmu keselamatan berkendara dengan sepeda motor Honda melalui tagline #cari_aman kepada masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan kegiatan edukasi safety riding melalui webinar yang diikuti 54 siswa/i SMK Swasta Taruna Pekanbaru dari berbagai jurusan dengan tema 'Praja muda #Cari_Aman'.

Kepala Sekolah SMKS Taruna Pekanbaru, Drs H Zulbahri M Mpd menyampaikan terimakasih kepada PT AHM dan PT CDN telah memberi perhatian terhadap siswa/i SMKS Taruna Pekanbaru dalam memberikan ilmu keselamatan berkendara khususnya siswa/i tahun ajaran 2021/2022.

"Kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat, harapan kami para siswa/i dapat memahami dan mengimplementasikan kegiatan ini dalam kehidupan sehari hari terutama saat berkendara nantinya pada saat telah memasuki umur 17 tahun dan memiliki SIM," kata Zulbahri disela-sela kegiatan yang berlangsung Jumat, 27 Agustus 2021.

Sama dengan kegiatan webinar safety riding yang sudah beberapa kali dilakukan, sebelum penyampaian materi safety riding para siswa/i wajib mengikuti pre-test online untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta dalam aman berkendara. 

Sementara itu, Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau, Arif Rahman Hakim menyampaikan, faktor penyebab kecelakaan tertinggi adalah manusia dengan angka 90 persen lalu 37 persen disebabkan faktor lingkungan dan 3 persen disebabkan faktor kendaraan. Kondisi hujan saat ini termasuk dari faktor penyebab kecelakaan yang disebabkan oleh lingkungan.

"Pada saat kita berkendara di kondisi hujan, ada beberapa kondisi yang harus di antisipasi yakni aqua planning, water hammer, hipotermia dan dehidrasi. Aqua planning adalah kondisi ban sepeda motor tidak menapak sempurna ke aspal akibat permukaan air yang tidak teralirkan secara sempurna oleh ban. Hindarilah genangan air saat kita berkendara. Jika tidak memungkinkan dihindari, gunakan kecepatan rendah dan gunakan rem kombinasi pada saat mengerem dengan komposisi rem belakang lebih banyak. Tetap tenang dan jangan panik," bebernya.

Terpisah, Jonny Winata selaku Sales Departement Head PT CDN Riau mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen PT AHM dan PT CDN Riau dalam menyebarkan ilmu keselamatan berkendara dan slogan keselamatan berkendara sepeda motor Honda #cari_aman kepada masyarakat.

“Semoga dengan kegiatan safety riding ini dapat memberikan wawasan bagi siswa/i SMKS Taruna Pekanbaru dan membantu siswa/i didalam meraih impian melalui bekal dan pemahaman akan keselamatan berkendara nantinya di saat mereka berusia 17 tahun serta menjadi duta keselamatan bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya," harap Jonny.