Hasil Evaluasi PPKM Level 4 Pekanbaru, Banyak Warga dan Tempat Usaha yang Tak Patuh

Hasil Evaluasi PPKM Level 4 Pekanbaru, Banyak Warga dan Tempat Usaha yang Tak Patuh

10 September 2021
Kabag Ops Polresta Pekanbaru Kompol Lilik Surianto. Foto: Humas Pemko Pekanbaru.

Kabag Ops Polresta Pekanbaru Kompol Lilik Surianto. Foto: Humas Pemko Pekanbaru.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru dan pihak kepolisian melaporkan hasil evaluasi pelaksanaan pengawasan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang digelar mulai 26 Juli hingga 6 September 2021. Hasil evaluasi, warga dan tempat usaha masih banyak yang tak patuh aturan PPKM level 4.

Kabag Ops Polresta Pekanbaru Kompol Lilik Surianto dalam pemaparan evaluasi PPKM level 4 di Aula Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Senin (6/9/2021), mengatakan, pihaknya bersama Pemko Pekanbaru telah melakukan evaluasi pelaksanaan PPKM level 4. Hasil evaluasi, pengaturan dan pengawasan masih banyak warga Pekanbaru tidak mengikuti imbauan. 

"Pada PPKM level 4 tahap pertama, banyak warga tak mengetahui. Karena, kita badu memulai dari PPKM level 3 ke PPKM level 4 perlu penyesuaian," ujarnya. 

Namun dalam beberapa pekan ini, baik pelaku usaha maupun warga sudah mengikuti arahan dan imbauan yang terdapat pada surat edaran wali kota. Hal ini didukung dengan kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh masing-masing tim pelaksana PPKM level 4. 

"Meski begitu, masih banyak objek pengawasan yang tidak mengikuti aturan. Hal ini terlihat dari laporan masing-masing tim pengawasan," ungkap Lilik. 

Pelanggaran itu berupa adanya pelaku usaha atau objek pengawasan yang tidak kooperatif hingga menghambat tugas pengawasan yang dilakukan. Aktivitas perkantoran masih banyak dipenuhi karyawan yang bekerja 100 persen. 

"Namun pada PPKM level 4 tahap ketiga atau keempat sudah banyak kelonggaran-kelonggaran. Jadi, pelanggaran tidak ditemukan lagi," jelas Lilik.