Rabu, 27 Oktober 2021

PEKANBARU

Wali Kota Pekanbaru Tegaskan Parkir Indomaret dan Alfamart Gratis

news24xx


Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1. Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Munculnya juru parkir di gerai Swalayan Indomaret dan Alfamart dikeluhkan warga Pekanbaru. Pasalnya, warga yang berbelanja di dua gerai retail ini tak pernah dipungut uang parkir selama ini. 

"Kami sudah tegaskan (parkir di Indomaret dan Alfamart bebas parkir)," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus di halaman Kantor Kecamatan Tenayan Raya, Jumat (17/9/2021). 

Sekarang, toko-toko ritel (Indomaret dan Alfamart) melayani pelanggannya dengan pelayanan gratis parkir. Bagi pemerintah, pendapatan dari parkir tidak ada gratis. Makanya, beban pungutan parkir kepada masyarakat yang menjadi pelanggan dibayarkan oleh dua toko ritel itu dalam bentuk pajak. 

"Itu sudah berjalan," imbuh Firdaus.

Baca Juga: DLHK Pekanbaru Harus Rampungkan Lelang Jasa Angkutan Sampah di Akhir Tahun Ini



MH02 | Bea dan Cukai

www.jualbuy.com

Berdasarkan regulasinya, layanan parkir itu memang harus dalam bentuk retribusi. Namun, dua perusahaan ritel ini mau mengeluarkan pajak tanpa membebani pelanggan. 

"Itu kami hargai. Untuk sementara ini, kami belum mencabut kebijakan (parkir gratis) ini di depan toko ritel tersebut. Masyarakat masih gratis parkir," ucap Firdaus.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Yuliarso diminta lebih tegas kepada mitra (PT Yabisa Sukses Mandiri) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perparkiran. Dishub diminta menjalankan parkir gratis di swalayan Indomaret dan Alfamart seperti selama ini. Apalagi, Pekanbaru masih dalam pandemi corona saat ini.

Baca Juga: Pemko Pekanbaru Manfaatkan Bangunan Eks Dinas untuk Pusat Rehabilitasi Narkoba

"Pelayanan toko ritel kepada masyarakat kami hargai. Meski, regulasi yang paling tepat masuk ke retribusi," kata Firdaus lagi. 

Penertiban administrasi terkait parkir gratis ini akan dibahas di kemudian hari. Hal terpenting, masyarakat terlayani dan semua menjadi senang.

"Berjalan saja dulu (parkir gratis ini). Kalau kondisi sudah normal, maka kami evaluasi lagi," jelas Firdaus. 





loading...
Loading...