Rabu, 27 Oktober 2021

PEKANBARU

SPAM Pekanbaru-Kampar Mampu Layani 102.000 SR di 7 Kecamatan

news24xx


Pemasangan tiang pancang perdana di lokasi proyek SPAM Regional di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Senin (20/9/2021). Foto: Surya/Riau1. Pemasangan tiang pancang perdana di lokasi proyek SPAM Regional di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Senin (20/9/2021). Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemancangan tiang proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) telah dilakukan di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Senin (20/9/2021). Nanti, SPAM ini mampu melayani 102.000 sambungan rumah tangga (SR) di tujuh kecamatan. 

Wali Kota Pekanbaru Firdaus usai menghadiri pemancangan tiang pertama SPAM Regional di Desa Kualu mengatakan, wujud dari kerja sama pembangunan SPAM regional ini untuk kawasan metropolitan Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan (Pekansikawan). Dengan kapasitas 1.000 liter per detik, SPAM akan terhubung ke 102.000 SR di tujuh kecamatan di Pekanbaru dan Kampar.

"Terhadap jumlah penduduk di tujuh kecamatan hari ini, SPAM ini hanya akan bisa melayani sekitar 55 persen," ucap Firdaus. 

Lima tahun ke depan, penduduk di tujuh kecamatan ini bisa bertambah 100 persen. Artinya, kebutuhan air juga semakin tinggi. 

Baca Juga: DLHK Pekanbaru Harus Rampungkan Lelang Jasa Angkutan Sampah di Akhir Tahun Ini



MH02 | Bea dan Cukai

www.jualbuy.com

"Jadi, penduduk lama belum terpenuhi (mendapat air bersih), penduduk baru juga terus bertambah. Oleh sebab itu, saya sampaikan kepada Direktur PT Sarana Pembangunan Riau (SPR), jika selesai proyek SPAM 1.000 liter per detik ini, maka harus melanjutkan kapasitas mencapai 2.000 liter per detik," ungkap Firdaus. 

Pada tahap awal ini, hanya 2 kecamatan di Kampar yang akan dialirkan air bersih dari SPAM Regional ini yaitu Siak Hulu dan Tambang. Sementara, Kecamatan Tapung belum dapat dialirkan air bersih dari SPAM.

Padahal, Kecamatan Tapung merupakan salah satu penyanggah Kota Metropolitan Pekansikawan. Pertumbuhan penduduknya juga sangat tinggi. Hal itu ditandai dengan banyak kawasan perumahan yang muncul. 

Baca Juga: Pemko Pekanbaru Manfaatkan Bangunan Eks Dinas untuk Pusat Rehabilitasi Narkoba

"Kami bersyukur dengan program yang telah bersinergi seperti SPAM Regional ini. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah telah berupaya dan berusaha hadir di tengah-tengah masyarakat dalam mencukupi kebutuhan dasar, khususnya air minum," tutur Firdaus. 

Air adalah merupakan kebutuhan yang penting bagi tubuh. Karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air.

"Maka, asupan air yang standar harus kita sediakan. Kita harus dapat menyediakan kebutuhan air bersih dan sehat," jelasnya. 

Sebelumnya, Firdaus mengatakan, sekitar 70 persen pipa SPAM regional ini akan melayani masyarakat Pekanbaru khususnya Kecamatan Tuah Madani, Binawidya, Marpoyan Damai, dan juga Bukit Raya. Sebesar 70 persen SR itu akan menambah angka pelayanan. 





loading...
Loading...