Kemenhub Bangun Lagi Trotoar Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru Tahun Depan

Kemenhub Bangun Lagi Trotoar Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru Tahun Depan

16 Desember 2021
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun lagi trotoar baru di bagian lain Jalan Jenderal Sudirman tahun depan. Saat ini, pembangunan trotoar dengan tema Sudirman Green City Walk (trotoar berukuran lebar yang dihiasi bangku dan lampu taman) tahap kedua telah selesai dibangun. 

"Kepada Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) IV Riau-Kepri Ardono, saya titipkan yang telah kita rencanakan kemarin. Rencana itu adalah pembangunan trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dapat diselesaikan," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus saat membuka Rapat Koordinasi Teknis Sinergitas Peran Instansi dalam Mewujudkan Zero ODOL 2023 di Hotel The Zuri Transmart, Kamis (16/12/2021). 

Ardono langsung menanggapi bahwa pembangunan trotoar tetap dilanjutkan. Tambahan pembangunan trotoar akan dibangun pada 2022.

"Alhamdulillah, terima kasih," ucap Firdaus. 

Diberitakan sebelumnya, Kepala Bidang Angkutan Dishub Pekanbaru Khairunnas, Selasa (9/2/2021), mengatakan, pihaknya berhasil melobi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubda) untuk renovasi halte bus TMP. Ada sekitar 40 halte yang direnovasi pada tahun ini. 

Pembangunan halte baru itu menggantikan yang masih portabel (berupa tangga untuk naik ke bus TMP). Saat ini, ada 70 halte bus TMP di seluruh Pekanbaru, termasuk yang portabel.

Anggaran Rp15 miliar dari Kemenhub ini tak hanya untuk halte. Namun, anggaran ini juga untuk lanjutan pembangunan Sudirman Green City Walk (trotoar berukuran lebar yang dihiasi bangku dan lampu taman). Trotoar ini baru dibangun mulai dari persimpangan Jalan Tuanku Tambusai melintasi Mal Pelayanan Publik (eks kantor wali kota Pekanbaru) hingga ke persimpangan Jalan Cut Nyak Dien (depan kantor gubernur Riau). 

"Kemenhub akan melanjutkan pembangunan trotoar Sudirman Green City Walk hingga ke persimpangan Jalan Pattimura. Sedangkan di sisi lain, pembangunan trotoar dilanjutkan mulai dari depan Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri hingga ke persimpangan Jalan Pangeran Hidayat," papar Khairunnas.