Hasil Riset ITB dan Kemendagri, Pekanbaru Ditetapkan sebagai Kota Tangguh

Hasil Riset ITB dan Kemendagri, Pekanbaru Ditetapkan sebagai Kota Tangguh

10 Januari 2022
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pekanbaru ditetapkan sebagai kota tangguh menuju kota digital Indonesia oleh Tim Riset Transformasi Digital dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI). Dua langkah lagi, Pekanbaru akan mencapai predikat Kota Cerdas di Indonesia.

"Penilaian yang dilakukan tim sangat baik dan sistematis. Hasil riset ini berdasarkan jawaban pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi indikator dan variabel sasaran riset," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Senin (10/1/2022). 

Dari 10  kategori yang diriset itu, fakta lapangannya Pekanbaru telah memenuhi semua unsur. Tapi mungkin, kelemahan OPD ada yang tidak serius mengisi form riset yang dikirim lembaga atau tim tersebut. Sehingga, ada yang tidak memenuhi unsur dan indikator yang dimaksud oleh tim. 

"Contohnya pada kategori kota dengan mobilitas cerdas. Padahal sebelumnya, Kepala Balai Perhubungan Darat Kemenhub menyatakan bahwa sistem pengelolaan transportasi umum massal Pekanbaru adalah terbaik di Indonesia," ucap Firdaus. 

Akan tetapi dalam hasil riset ini, justru Pekanbaru tidak masuk dalam kategori terbaik. Malah, kota yang jauh di bawah Pekanbaru yang masuk sebagai terbaik.

"Ini menunjukkan bahwa OPD yang terkait belum serius mengisi form riset yang disampaikan pihak tim riset tersebut," jelas Firdaus. 

Seharusnya, seluruh kepala OPD dan pejabat Pemko Pekanbaru selalu memberikan informasi dan respon yang baik serta cepat dan terukur kepada siapapun yang memerlukan informasi tentang kota ini. Hal itu sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing.

Pada 27 Desember 2021 lalu, tim riset ITB dengan Kementerian Dalam Negeri menggelar acara RKCI. Dalam pengumuman tersebut disampaikan bahwa ada 10 kategori penilaian tim dengan 5 kota terbaik setiap kategori. Pekanbaru tercatat sebagai kota sedang yang dinilai telah berada pada rating terbaik pada dua Kategori yaitu Kategori "Kota Tangguh" dan Kategori "Kota dengan Kesiapan Digital".