3 Pelajar SMP Negeri Positif Covid-19, Wali Kota Pekanbaru: Sekolahnya Sudah Kami Tutup

3 Pelajar SMP Negeri Positif Covid-19, Wali Kota Pekanbaru: Sekolahnya Sudah Kami Tutup

9 Februari 2022
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru telah menutup SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 18. Dua sekolah itu ditutup setelah tiga pelajar ditemukan positif Covid-19. 

"Dua sekolah itu sudah kami tutup," ucap Wali Kota Pekanbaru Firdaus usai menghadiri pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah, Selasa (8/2/2022).

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas mengatakan, aktivitas Pembelajaran Tatap Muka (TPM) di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 18 dihentikan sementara. Pasalnya, tiga pelajar didapati positif Covid-19.

"Sekarang, peserta didik untuk sementara belajar daring dulu tiga hari sejak temuan Covid-19," ujarnya. 

Penghentian sementara PTM di kedua sekolah itu sudah sesuai SOP yang ada. Sekolah tersebut tutup sementara selama tiga hari. Pihak sekolah melakukan pembersihan atau penyemprotan disinfektan. 

Satu peserta didik itu diketahui terkonfirmasi positif usai menjalani pemeriksaan kesehatan pada 4 Februari 2022. Disdik Pekanbaru menutup SMP Negeri 1 hingga 9 Februari. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru telah melakukan pelacakan kontak erat pasien positif. Dinkes juga melakukan swab antigen bagi seluruh peserta didik dan pendidik. Seluruh ruang kelas juga dilakukan penyemprotan disinfektan. 

"Saya belum bisa memastikan satu peserta didik yang positif Covid-19 terpapar dari mana. Hingga saat ini dinas kesehatan masih melakukan pelacakan," sebut Ismardi.