PT SPP Akan Disandingkan dengan BUMN Bangun Infrastruktur KIT Pekanbaru

PT SPP Akan Disandingkan dengan BUMN Bangun Infrastruktur KIT Pekanbaru

9 Februari 2022
Direktur PT SPP Heri Susanto. Foto: Surya/Riau1.

Direktur PT SPP Heri Susanto. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP) akan disandingkan dengan Badan Usaha Milik Negara dalam membangun infrastruktur Kawasan Industri Tenayan (KIT). Pasalnya, pembangunan infrastruktur KIT membutuhkan anggaran lebih dari Rp1 triliun. 

"Saat ini, kami dibantu oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) agar disandingkan dengan BUMN. Tak kami lagi, kami akan bersinergi dengan BUMN untuk membangun infrastruktur KIT," kata Direktur PT SPP Heri Susanto, Rabu (9/2/2022), 

Diungkapkannya, lahan KIT telah diserahkan Pemko Pekanbaru kepada PT SPP pada 2021. Proses itu disertai dengan penyertaan modal. Sehingga, KIT telah dikelola PT SPP sejak saat itu.

Sebagaimana diketahui, KIT sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Artinya, KIT masuk dalam program prioritas berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2020. 

Saat ini, PT SPP sedang melengkapi beberapa hal seperti perbaikan masterplan (rencana induk). Kawasan industri itu butuh infrastruktur mulai dari dalam kawasan hingga pendukung. 

"Pembangunan infrastruktur itu tak mungkin menggunakan APBD. Kami butuh dana yang cukup besar, lebih dari Rp1 triliun," ucap Heri. 

Anggaran itu untuk infrastruktur dalam kawasan, pengolahan air, pengolahan limbah, jaringan telekomunikasi, dan drainase. Makanya, PT SPP butuh investor.