Jumlah Penduduk Pekanbaru Bakal Meledak dalam 2 Dekade

Jumlah Penduduk Pekanbaru Bakal Meledak dalam 2 Dekade

15 Maret 2022
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Istimewa.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Kecamatan Binawidya diharapkan dapat berkembang pesat bermodalkan penduduk yang padat. Maka, tata ruang dan keindahan kota harus diperhatikan. 

Hal ini dikatakan Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Selasa (15/3/2022). 

"Harus ada antisipasi perkembangan penduduk. Ada prediksi tahun 2045 mendatang jumlah penduduk Kota Pekanbaru bisa mencapai lima juta jiwa," ujarnya.

Peningkatan jumlah penduduk di Kota Pekanbaru juga seiring dengan peningkatan jumlah pendidikan di wilayah Metropolitan Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan (Pekansikawan). Total jumlah penduduk di kawasan itu bisa mencapai delapan juta jiwa.

"Kami optimis Pekanbaru menjelma dari kota metropolitan menjadi kota megapolitan. Masyarakat Kota Pekanbaru agar lebih siap menghadapi tantangan ledakan penduduk di masa mendatang," ucap Firdaus.

Arus urbanisasi yang tinggi juga membuat jumlah penduduk kota terus meningkat. Adanya perkembangan penduduk yang begitu cepat mesti dipersiapkan.

"Semua kekuatan yang ada bisa memperkuat pembangunan Pekanbaru di masa mendatang. Saya percaya semangat masyarakat bisa mendorong percepatan ekonomi," sebut Firdaus.