Ratusan JCH Pekanbaru Sudah Disuntik Vaksin Meningitis

Ratusan JCH Pekanbaru Sudah Disuntik Vaksin Meningitis

15 Mei 2022
Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Ada 36 orang Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Pekanbaru yang menjalani suntik vaksin meningitis di Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Rawat Inap pada 13 Mei 2022. Para JCH tersebut merupakan jemaah yang belum menjalani vaksinasi meningitis. 

"Ratusan JCH Pekanbaru sudah mendapat suntikan vaksin meningitis jelang berangkat ke Tanah Suci. Total jumlah JCH yang sudah mendapat suntikan vaksin mencapai 681 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy, Minggu (15/5/2022).

Mereka mendapat suntikan vaksin di Puskemas Simpang Tiga dan Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap. Secara keseluruhan, ada 810 orang CJH yang menjalani pemeriksaan kesehatan ulang sebelum suntik vaksin meningitis.

"Mereka yang mendapat suntikan vaksin meningitis merupakan CJH yang berusia di bawah 65 tahun. Karena, para jemaah yang berusia di atas 65 tahun tidak bisa berangkat haji tahun ini karena pembatasan dari Pemerintah Arab Saudi," ujar Dokter Bob, sapaan akrabnya. 

Pihaknya menunggu informasi dari Kementerian Agama terkait jadwal keberangkatan para JCH asal Kota Pekanbaru. Dari segi kesehatan, para JCH sudah menjalani vaksin meningitis.

"Para JCH juga harus mendapat vaksinasi Covid-19 secara lengkap hingga vaksin dosis ketiga. Mereka harus mendapat vaksin booster jelang berangkat ke tanah suci," ungkap Dokter Bob. 

Mayoritas CJH yang hendak berangkat sudah mendapat suntik vaksin booster. Bagi jemaah yang belum tuntas vaksin covid-19 bisa menyelesaikan vaksinasi sebelum jadwal keberangkatan ke Tanah Suci.