Kamis, 18 Agustus 2022

PEKANBARU

Sepekan di Pekanbaru, 26 Pengungsi Rohingya Pindahan dari Aceh Melarikan Diri

news24xx


Para pengungsi Rohingya saat tiba di Pekanbaru pekan lalu. Foto: Istimewa.  Para pengungsi Rohingya saat tiba di Pekanbaru pekan lalu. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Sebanyak 15 pria dan 11 wanita pengungsi Rohingya pindahan dari Provinsi Aceh kabur dari tempat penampungan pada 24 Mei 2022. Padahal, 119 pengungsi Rohingya ini baru sepekan di Pekanbaru. 

"Ada 26 pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari rumah penampungan di Jalan Cipta Sari, Kecamatan Bukit Raya. Informasi ini kami peroleh dari pihak kepolisian," kata Kepala Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pekanbaru Yanto Ardianto, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: Pj Wali Kota Pekanbaru Ajak Warga Meriahkan HUT Ke-77 RI Penuh Kegembiraan

Pengungsi Rohingya yang kabur dari penampungan itu terdiri dari 15 pria dan 11 wanita. Pengungsi Rohingya lainnya mengaku tak tahu urutan pelarian rekan-rekannya itu. 

Sebelumnya, 119 pengungsi Rohingya tiba di Pekanbaru secara bergelombang pada 18 dan 19 Mei. Proses pemindahan langsung ditinjau oleh Satgas Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) di bawah Kemenkopolhukam.

Baca Juga: Dinas PUPR Pekanbaru Bangun Jembatan Senilai Rp10 Miliar di Tenayan Raya

Tim PPLN juga menyiapkan akomodasi bagi para pengungsi. Lokasi akomodasi tersebut berbeda dengan akomodasi pengungsi saat ini.

"Para pengungsi Rohingya ini kami tempatkan di Wisma D'COP 2, Jalan Ciptasari, Kelurahan Tangkerang Selatan," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pekanbaru Zulfahmi Adrian, beberapa hari lalu. 





loading...
Loading...