Pj Wali Kota Sampaikan Program 100 Hari Kerja di Sidang Paripurna HUT Ke-238 Pekanbaru

Pj Wali Kota Sampaikan Program 100 Hari Kerja di Sidang Paripurna HUT Ke-238 Pekanbaru

23 Juni 2022
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam sidang paripurna HUT ke-238 Pekanbaru, Kamis (23/6/2022). Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam sidang paripurna HUT ke-238 Pekanbaru, Kamis (23/6/2022). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru tengah membenahi permasalah krusial yaitu banjir, sampah, dan jalan berlubang. Tiga program penting ini merupakan perintah gubernur Riau kepada penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru yang dilantik pada 23 Mei 2022 lalu. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Muflihun dalam sidang paripurna Hari Jadi Pekanbaru ke-238, Kamis (23/6/2022), mengungkapkan, Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah (Sultan Siak ke-V) membangun sebuah pekan (pasar) yang disebut dengan Pekanbaharu pada 23 Juni 1784. Sejak disahkan menjadi Kota pada 1946, Pekanbaru telah dipimpin 15 kepala daerah atau wali kota. 

Pekanbaru telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, terutama di bidang perekonomian dan infrastruktur. Kemajuan yang dicapai saat ini dapat dilihat sebagai wujud kualitas visi maupun perencanaan yang telah ditetapkan. 

"Visi daerah Kota Pekanbaru merupakan pedoman penentu arah pembangunan jangka panjang panjang (20 tahun) yang ditetapkan melalui Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2011 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2005-2025. Hal ini guna mewujudkan Kota Pekanbaru sebagai pusat perdagangan, jasa, pendidikan, dan kebudayaan Melayu berlandaskan iman dan takwa," ujarnya.

Para periode ini, pemerintah daerah bersama masyarakat telah berhasil mengantarkan Pekanbaru menjadi salah satu kota terkemuka di Indonesia. Kota ini bukan saja berkembang dalam batas administrasi menjadi sebuah kota metropolitan. Tapi, Pekanbaru juga mempengaruhi kawasan di sekitarnya yakni Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Pelalawan. 

"Di usia Pekanbaru ke-238 ini, mari bersama-sama kita menjadikan momentum untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh di semua lini. Kita harus meningkatkan kinerja terutama yang terkait dengan pelayanan publik. Kita juga harus tetap bersyukur dan terus berkarya," ucap Muflihun. 

Pada 23 Mei 2022, Muflihun resmi dilantik oleh gubernur Riau sebagai Pj wali kota Pekanbaru. Berbagai tugas dari gubernur Riau dikerjakan dengan penuh tanggung jawab.

Langkah pertama adalah menginventarisasi masalah di Pekanbaru. Muflihun berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD), camat, dan lurah guna mendeteksi masalah yang ada, mencari tahu penyebab, dan penyelesainnya. 

Dari keseluruhan kegiatan yang telah disusun Pemko Pekanbaru, ada program prioritas dalam 100 hari kerja. Tiga prioritas yang harus segera dibenahi di antaranya pengurangan titik banjir, pembenahan pengelolaan persampahan, dan perbaikan jalan rusak. 

"Ketiga program tersebut merupakan bentuk strategis pelayanan pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat, khususnya warga Pekanbaru dalam beraktivitas sehari-hari," sebut Muflihun. 

Dalam sidang paripurna HUT ke-238 Pekanbaru ini hadir juga para mantan wali kota dan ketua DPRD serta utusan pemerintah daerah di kabupaten dan kota tetangga. Hanya mantan Wali Kota Pekanbaru almarhum (Alm) Herman Abdullah diwakilkan oleh anaknya Irvan.