Pemko Resmikan Proyek KPBU SPAM Pekanbaru, Segera Salurkan Air Siap Minum

Pemko Resmikan Proyek KPBU SPAM Pekanbaru, Segera Salurkan Air Siap Minum

1 Oktober 2022
Asisten II Setdako Pekanbaru El Syabrina. Foto: Surya/Riau1.

Asisten II Setdako Pekanbaru El Syabrina. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru meresmikan proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha Sistem Penyediaan Air Minum (KPBU-SPAM) Pekanbaru di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tampan milik PDAM Tirta Siak pada 30 September  2022. KPBU SPAM Pekanbaru merupakan proyek yang tidak hanya melayani penyediaan air bersih bagi masyarakat tapi juga sekaligus air minum.

"Tentu ini menjadi salah satu kemajuan bagi kita. Beberapa tahun lagi, kita bisa lihat keran-keran air langsung dibuka, dimasukan ke gelas, dan langsung bisa diminum seperti di kota-kota negara maju," kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru El Syabrina, Sabtu (1/10/2022). 

Sebelum melakukan kerja sama KPBU SPAM, Pemko Pekanbaru berpikir bahwa perlu adanya pembaruan pada SPAM. Gebrakan perubahan yang signifikan diperlukan menuju Pekanbaru Smart City Madani.

"Semoga dengan adanya kerja sama KPBU SPAM Pekanbaru ini, PDAM Tirta Siak bisa lebih memaksimalkan layanan kepada pelanggan," harap El Syabrina.

Untuk itu, PDAM Tirta Siak mesti mengganti pipa yang sudah berumur dengan pipa baru, merevitalisasi pompa, dan membangun reservoir (kolam penampungan air) lebih besar. Sehingga suplai air ke seluruh pelanggan bisa terpenuhi.

Loading...

"Hal ini juga merupakan program pusat 100-0-100. Yang mana kita sedang bersama-sama menuju pemenuhan target 100 persen air layak minum, pengurangan kawasan kumuh menjadi 0 persen, dan pemenuhan 100 persen akses sanitasi layak," sebut El Syabrina. 

PDAM Tirta Siak dan perusahaan Tirta Madani diminta segera memperbaiki kerusakan jalan yang terdampak pembangunan proyek KPBU SPAM. Jadi, air bersihnya mengalir dan fasilitas umum yang digunakan warga tetap baik dan tidak membahayakan.