Pemko Pekanbaru Salurkan Bantuan kepada 96 Pedagang Pasar Bawah

Pemko Pekanbaru Salurkan Bantuan kepada 96 Pedagang Pasar Bawah

5 Oktober 2022
Jajaran Pemko Pekanbaru dan Baznas menyalurkan bantuan bahan pokok kepada 96 pedagang Pasar Bawah, Rabu (5/10/2022). Foto: Istimewa.

Jajaran Pemko Pekanbaru dan Baznas menyalurkan bantuan bahan pokok kepada 96 pedagang Pasar Bawah, Rabu (5/10/2022). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru memberikan bantuan kepada 96 pedagang Pasar Bawah yang terdampak banjir. Sebelumnya, kios pedagang terendam banjir di bagian basement (lantai dasar) pasar wisata itu. 

"Bantuan ini adalah bentuk sagu hati dari kami kepada para pedagang. Bantuan ini adalah bentuk kepedulian Pj Wali Kota Muflihun. Mudah-mudahan dapat meringankan beban dalam menghadapi cobaan," kata Kepala Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Rabu (5/10/2022). 

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pekanbaru Endar Muda mengatakan, ada 96 paket bahan pokok yang dibagikan kepada pedagang. Diharapkan, bantuan ini dirahmati oleh Allah SWT sehingga bermanfaat bagi penerima.

"Saya harap usaha para pedagang dapat berjalan normal. Sehingga, mereka mendapatkan keuntungan yang cukup dan mampu kembali bersedekah," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Hujan deras dengan durasi sekitar delapan jam membuat sejumlah wilayah Pekanbaru banjir, termasuk lantai dasar (basement) Pasar Bawah. Akibatnya, pedagang terpaksa mengungsi. 

"Kami bersama-sama melakukan kegiatan penyedotan sisa genangan air dan pembersihan lumpur setelah kejadian banjir. Kegiatan penyedotan ini dilakukan di basement Pasar Bawah," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pekanbaru Zarman Candra, Rabu (5/10/2022). 

Hasil pengamatan di lokasi, tinggi muka air pada saat terjadi banjir berkisar antara 30-50 sentimeter. Makanya, kegiatan difokuskan pada penyedotan air yang masih menggenangi basement yang digunakan pedagang untuk mengais rezeki. 

Kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi genangan air. Sehingga, kegiatan jual beli di Pasar Bawah dapat kembali normal.