Dinas PUPR Pekanbaru Temukan Banyak Sampah Plastik di Drainase Jalan Arifin Ahmad

Dinas PUPR Pekanbaru Temukan Banyak Sampah Plastik di Drainase Jalan Arifin Ahmad

26 April 2024
Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru masih mengeruk drainase Jalan Arifin Ahmad hingga kini. Jalan Arifin Ahmad sempat viral akibat banjir luapan drainase pada 15 April 2024.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah, Jumat (26/4/2024), mengatakan, pengerukan saluran air ini dilakukan untuk melancarkan aliran air di jalan tersebut. Pengerukan juga dilakukan agar daya tampung air di drainase lebih maksimal.

"Sehingga, Jalan Arifin Ahmad tidak digenangi air saat hujan turun. Kami mengeruk dan pembersihan sampah dan sedimen di drainase ini," ujarnya.

Sampah dan sedimen lumpur masih menjadi penyebab utama tersendatnya aliran air di saluran drainase di Kota Pekanbaru. Saat dikeruk menggunakan alat berat, terlihat sejumlah sampah kayu, pasir, dan juga endapan lumpur yang masih menghambat aliran air.

Sampah-sampah yang ditemukan juga berupa kemasan plastik yang sulit diurai oleh alam. Tumpukan sampah plastik ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan.

"Sampah inilah yang menyumbat drainase. Akibatnya, Jalan Arifin Ahmad kerap tergenang saat hujan deras," ungkap Edu, sapaan akrabnya.