120 Mahasiswa UNP Kuliah Kerja Lapangan di Pemko Pekanbaru

120 Mahasiswa UNP Kuliah Kerja Lapangan di Pemko Pekanbaru

20 Oktober 2022
Asisten III Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi. Foto: Istimewa.

Asisten III Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Sebanyak 120 mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan kunjungan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Pemko Pekanbaru pada 18-21 Oktober 2022. Mahasiswa ini ingin mempelajari Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). 

Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Masykur Tarmizi, Kamis (20/10/2022), mengatakan, ia mengapresiasi dan berterima kasih kepada UNP telah mempercayakan Kota Pekanbaru sebagai lokasi kunjungan KKL. Hal ini sejalan dengan konsep wisata MICE (meeting, incentive, convention, dan exhibition) yang diterapkan Pemko. 

"Kegiatan ini saya harap dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan tali silaturahmi antara UNP dengan Pemko. Kapasitas dan kualitas mahasiswa bertambah dengan mempraktikkan ilmu dan pengalaman selama KKL," harapnya.

Karena, tantangan dan persaingan dunia kerja sangat ketat dan kompetitif ke depannya. Hanya orang-orang yang memiliki keahlian dan kemampuan yang dapat memenangkan persaingan untuk mendapatkan peluang di dunia kerja.

"Kami juga berupaya agar Program SPBE dapat dukungan dari masyarakat. Kami terus menumbuhkan rasa simpati dan kepedulian dari masyarakat itu sendiri dengan meningkatkan rasa kepercayaan dan kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat," ujar Masykur. 

Caranya, Pemko mendengarkan dan menampung berbagai keluhan yang dirasakan oleh masyarakat. Pemko juga rutin melakukan audiensi dengan berbagai kelompok masyarakat seperti paguyuban, ormas, LSM, BEM, organisasi mahasiswa, dan lainnya.

"Kami merespon keluhan tersebut dengan menyelesaikan permasalahan, seperti infrastruktur, dan lingkungan. Kami juga menjalankan program pro rakyat sesuai dengan yang kebutuhan masyarakat," ucap Masykur. 

Salah satu aspirasi mahasiswa yang ditampung terkait beasiswa. Usulan ini langsung direspon oleh Pj wali kota dengan menganggarkan bantuan pendidikan bagi mahasiswa kurang mampu dan berprestasi pada tahun depan.