2 Pasar Masih Dikelola Swasta, Pasar Sail Ditelaah Pj Wali Kota Pekanbaru

2 Pasar Masih Dikelola Swasta, Pasar Sail Ditelaah Pj Wali Kota Pekanbaru

10 Februari 2023
Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Empat pasar milik Pemko Pekanbaru dikelola perusahaan swasta pengelolaannya dikerjasamakan dengan pihak ketiga pada tahun 2000-an. Empat pasar itu adalah Pasar Sail, Pasar Bawah, Pasar Kodim, dan Sukaramai Trade Center (STC).

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Jumat (10/2/2023), mengatakan,  Kontrak kerja sama yang telah berakhir adalah Pasar Bawah dan Pasar Sail.

Pengelolaan Pasar Sail berakhir pasa 4 Juli 2022. Seluruh aset telah dikembalikan ke Pemko Pekanbaru.

Saat ini, Pasar Sail dikelola oleh Disperindag. Beberapa waktu lalu, Disperindag telah melakukan kajian-kajian terhadap Pasar Sail

"Hasil kajian itu sudah saya laporkan ke pimpinan (Pj wali kota). Pilihannya, Pasar Sail dikelola sendiri atau dilakukan kerja sama pemanfaatan (KSP) dengan proses lelang," ucap Ami, sapaan akrabnya.

Pasar Sail tak lagi dikelola pihak ketiga saat ini. Sebelumnya, Pasar Sail dikelola pihak ketiga selama 20 tahun. 

"Masa pengelolaan Pasar Sail sudah berakhir oleh pihak swasta. Untuk sementara, kami yang mengelola Pasar Sail," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut (kini Asisten II Setdako), Senin (12/9/2022).

Pasar Sail dikelola oleh PT Riau Kerta Raharja sejak 20 tahun lalu  Pengelolaan Pasar Sail berakhirnya dari mitra yang lama ini. 

"Belum ada peminatnya hingga sekarang. Masa berakhirnya juga hampir sama dengan Pasar Bawah," ungkap Ingot. 

Jika ada pihak ketiga yang ingin mengelola Pasar Sail, maka proses lelang akan dilakukan. Nilai aset Pemko dihitung dahulu di Pasar Sail.

"Kami harus buat lagi Detail Engineering Design (DED). Ini butuh pembiayaan," ucap Ingot.

Berbeda dengan Pasar Bawah. Saat kontrak Pasar Bawah akan berakhir, sudah ada pihak yang ingin mengelola pada 2021. 

"Setelah kami kaji, timbullah proses pemilihan mitra. Karena Wali kota saat itu menyetujui adanya Kerja Sama Pemanfaatan," sebut Ingot. 

Diberitakan sebelumnya, beberapa pasar sudah habis masa kerja samanya di Pekanbaru. Salah satu pasar yang sudah habis masa pengelolaannya adalah Pasar Sail

"Kami akan kembali mencari investor untuk pengelolaan Pasar Sail. Tapi, kami harus mengkaji dahulu mana lebih banyak untungnya dikelola dinas atau diserahkan pengelolaannya ke pihak ketiga," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun di halaman Kantor Kecamatan Kulim, Rabu (24/8/2022). 

Sebelumnya, Pemko Pekanbaru ternyata menyerahkan pengelolaan pasar kepada pihak ketiga sejak tahun 2000-an. Dua pasar yang dikelola sudah habis masa pengelolaannya oleh pihak ketiga yaitu Pasar Bawah dan Pasar Sail