21 Penghargaan Diraih Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam 11 Bulan

21 Penghargaan Diraih Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam 11 Bulan

19 April 2023
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun menerima salah satu penghargaan di tingkat nasional pada Desember 2022 lalu. Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun menerima salah satu penghargaan di tingkat nasional pada Desember 2022 lalu. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Sebanyak 21 penghargaan diraih Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam sebelas bulan terakhir. Penghargaan dan prestasi yang diraih ini tentu berkat kerja sama banyak pihak.

"Selama menjabat sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru, sejak 23 Mei 2022 hingga saat ini, pemko mendapatkan sejumlah penghargaan," kata Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Rabu (19/4/2023).

Penghargaan dan prestasi yang diraih ini tentu berkat kerja sama banyak pihak. Ia mengucapkan terima kasih atas kinerja bersama Pemko Pekanbaru.

"Prestasi ini tentu tak bisa saya raih sendiri. Semua ini berkat kerja sama berbagai pihak," ucap Muflihun.

Prestasi ini harus dipertahankan. Karena, masih banyak lagi yang harus dibenahi di Kota Pekanbaru ini, salah satunya soal jalan.

"Saya sudah berjanji kepada masyarakat untuk bisa memperbaiki jalan-jalan yang rusak. Namun tentu ini tidak bisa secara instan. Pelan-pelan, kami akan benahi semuanya," ungkap Muflihun.

Sebanyak 21 penghargaan diraih oleh Muflihun selama menjabat sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru dalam sebelas bulan terakhir. Pertama, Pemko Pekanbaru meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pelaksanaan dan penyelenggaraan administrasi keuangan Tahun 2021. Penghargaan ini adalah opini WTP keenam kalinya secara berturut-turut mulai tahun 2016 lalu.

Kedua, DP3PM Kota Pekanbaru meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori Nindya Tahun 2022 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Penghargaan serupa juga diraih sejak 2019-2021.

Ketiga, penghargaan pelayanan sejuta akseptor. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru Muhammad Amin menerima Penghargaan terkait Pelayanan Sejuta Akseptor Tingkat Nasional.

Keempat, DPMPTSP Kota Pekanbaru menerima penghargaan Peringkat 1 Nominasi Kabupaten/Kota Terbaik Tingkat Kepatuhan Penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Tahun 2022 dari DPMPTSP Provinsi Riau.

Kelima, penghargaan Dinas Kesehatan Perintis Digitalisasi Kesehatan Aplikasi SMILE. Penyerahan apresiasi ini diterima oleh Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru yang dinilai mampu melakukan transformasi digital kesehatan melalui pemanfaatan platform pencatatan digital SMILE.

Keenam, Pemko Pekanbaru dalam Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Provinsi Riau kategori Pemulihan dan Penertiban Aset tahun 2021, menerima penghargaan Kategori I Pemulihan dan Penertiban Aset Tahun 2021: Penyelesaian Aset Sengketa dengan Swasta/Masyarakat). Kategori II, Pemulihan dan Penertiban Aset Tahun 2021: Penerimaan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) dari 7 Perumahan/6 Pengembang.

Ketujuh, Kota Pekanbaru meraih penghargaan TPID Award 2021 sebagai Kota Berkinerja Terbaik Dalam Pengendalian Inflasi di Wilayah Sumatera. Kedelapan, Kota Pekanbaru meraih Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Tahun 2021 dengan Kategori Baik.

Kesembilan, Pemko Pekanbaru menerima piagam penghargaan di ajang ALI 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi/BKPM RI. Kesepuluh, Kecamatan Rumbai meraih Penghargaan Peringkat 3 Terbaik pada Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK) Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022.

Kesebelas, Kota Pekanbaru meraih juara kedua pada kategori Pelaksanaan Kemitraan di bidang Penanaman Modal antar Usaha Besar dengan UMKM Tahun 2022. Kedua belas, Pemko Pekanbaru menerima penghargaan atas capaian mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 kali berturut-turut (2017-2021) untuk laporan keuangan pemerintah daerah dari Kementerian Keuangan RI.

Ketiga belas, DPMPTSP Kota Pekanbaru, meraih penghargaan peringkat l kategori A Pelayanan Prima dari Kemenpan RB. Keempat belas, Pj Wali Kota Pekanbaru menerima Penghargaan Achievement Motivation Person pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik and Achievement Motivation Person Award 2022.

Kelima belas, Pemko Pekanbaru menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 sebagai 'Kota Terinovatif’. Keenam belas, Disdalduk KB Kota Pekanbaru, meraih penghargaan Terbaik I dalam Pengelola Program Bangga Kencana tingkat Provinsi Riau tahun 2022.

Ketujuh belas, Kota Pekanbaru meraih Sertifikat Adipura dari Kementerian LHK RI. Sertifikat ini merupakan apresiasi dan penilaian bahwa terdapat peningkatan yang cukup tinggi yang diperoleh Pemko Pekanbaru dalam menciptakan Kota Besar Bersih.

Kedelapan belas, Pemko Pekanbaru meraih 2 penghargaan pada Kekayaab Negara (KN) Awards dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Rinciannya, Pemerintah Kota Pekanbaru, terima Penghargaan Terbaik 1 Kategori Pemohon Penilaian Barang Milik Daerah Tahun Anggaran 2022. Bapenda Kota Pekanbaru, terima Penghargaan Terbaik III Kategori Penyerah Piutang Teraktif Dalam Penyelesaian Piutang Negara dan Daerah Pekanbaru

Kesembilan belas, Pemko Pekanbaru menerima penghargaan dalam ajang APBD Award 2023 dari Kementerian Dalam Negeri. Rinciannya, Peringkat Pertama Tingkat Kota Realisasi Belanja Daerah Tertinggi APBD tahun 2022. Peringkat Ketiga Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tertinggi Tahun Anggaran 2022.

Kedua puluh, Pemko Pekanbaru menerima Penghargaan Terbaik III Kinerja Pelayanan Kredit Usaha dan Ultra Mikro Tahun 2022. Kedua puluh satu, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun menerima TOP Pembina BUMD 2023. Selain itu terdapat juga penghargaan lainnya seperti PT BPR Pekanbaru Madani (Perseroda) meraih TOP BUMD Award 2023 BPR Bintang 4. Akhmad Fauzi, Direktur Utama PT BPR Pekanbaru Madani (Perseroda) meraih TOP CEO BUMD 2023.