9 Kasus DBD Muncul di 7 Kecamatan di Pekanbaru Awal Tahun Ini

9 Kasus DBD Muncul di 7 Kecamatan di Pekanbaru Awal Tahun Ini

13 Februari 2023
Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Sebanyak sembilan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) muncul tersebar di tujuh kecamatan awal tahun ini. Tujuh kecamatan itu antara lain, Sukajadi, Pekanbaru Kota, Marpoyan Damai, Payung Sekaki, Tenayan Raya, Rumbai dan Rumbai Timur.

"Di Sukajadi ada 1 kasus, Pekanbaru Kota 2 kasus, Marpoyan Damai 1 kasus, Payung Sekaki 2 kasus, Tenayan Raya 1 kasus, Rumbai 1 kasus, dan Kecamatan Rumbai Timur 1 kasus," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy, Senin (13/2/2023).

Guna meminimalisir sebaran wabah DBD, ia mengimbau warga agar selalu melakukan 3M yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang bekas yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab DBD. Sebab, 3M merupakan langkah paling efektif membasmi jentik nyamuk dan penularan DBD. Apalagi jika dibandingkan dengan fogging (pengasapan). 

"Fogging itu hanya bisa membunuh nyamuk dewasa. Nyamuk dewasa itu bisa mati hanya dalam empat hari sampai satu minggu. Jadi yang paling efektif adalah membunuh jentiknya dengan 3M," tutupnya. 

DBD