Bina Atlet Usia Dini, Dispora Pekanbaru Akan Dirikan 3 PPLP

Bina Atlet Usia Dini, Dispora Pekanbaru Akan Dirikan 3 PPLP

26 Oktober 2023
Kepala Dispora Kota Pekanbaru Hazli Fendriyanto. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dispora Kota Pekanbaru Hazli Fendriyanto. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru akan membentuk Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) pada tahun depan. Pembentukan PPLP ini menindaklanjuti beralihnya sekolah olahraga menjadi kewenangan Dispora Provinsi Riau.

"Tiga PPLP ini kami prioritaskan untuk cabang olahraga (cabor) yang paling banyak meraih medali di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Cabor yang banyak mendulang medali emas adalah atletik, beladiri, dan renang," kata Kepala Dispora Pekanbaru Hazli Fendriyanto, Kamis (26/10/2023). 

Dispora bakal kordinasi dengan KONI Pekanbaru terkait cabor yang berprestasi. Ada sejumlah cabor yang aktif pengurusnya.

"Para pengurus cabor juga rutin menggelar event secara mandiri maupun bekerja sama dengan swasta. Ini patut kami apresiasi," ucap Hazli

Dispora juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah cabor terkait rencana pembentukan PPLP. Pihaknya juga mengkaji sejumlah cabor karena tidak semua bisa mendapat pembiayaan.

"Kalau ada anggaran besar mungkin semuanya bisa kami gandeng," ujar Hazli. 

Nanti, PPLP akan menjadi wadah pembinaan dan pelatihan atlet yang berbakat. Para atlet ini dari cabang olahraga potensial untuk dikembangkan agar berprestasi.

"Pembentukan PPLP ini juga jadi wadah pembinaan atlet usia dini. Kami bakal menyasar atlet remaja di tingkat SMP dan SMA," sebut Hazli.