BPBD Pekanbaru Rutin Sosialisasi Cegah Kebakaran Lahan di 15 Kecamatan

BPBD Pekanbaru Rutin Sosialisasi Cegah Kebakaran Lahan di 15 Kecamatan

11 April 2024
Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra. Foto: Surya/Riau1.

Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru akan memastikan agar tak ada pembakaran lahan. BPBD akan rutin melakukan sosialisasi agar masyarakat tak membakar lahan di 15 kecamatan. 

"Kami masih mendapati kebakaran lahan pada 2 Februari lalu. Luas kebakaran lahan sekitar 0,5 Hektare (Ha). Para camat dan lurah diminta mengimbau masyarakatnya agar tak membakar lahan," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pekanbaru Zarman Candra, Kamis (11/4/2024). 

Sementara itu, Pekanbaru menuju musim kemarau saat ini. Dengan begitu, Pekanbaru menetapkan status Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). 

"Pj gubenur Riau telah mengumumkan tanggap darurat karhutla karena ada kebakaran lahan di Kota Dumai. Kapolda juga sudah memerintahkan kapolred dan jajaran menggelar apel siap siaga karhutla," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Jeki Rahmat Mustika dalam apel Siaga Karhutla di lapangan upacara Mal Pelayanan Publik (MPP), Jumat (15/3/2024). 

Pemprov Riau telah menetapkan status darurat karhutla. Penetapan status darurat karhutla dilakukan menyusul peralihan musim menuju kemarau, berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dah Geofisika (BMKG). 

"Sehingga, antisipasi karhutla bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien," ucap Jeki. 

Menindaklanjuti penetapan siaga karhutla Pemprov Riau, Kota Pekanbaru juga akan menetapkan siaga karhutla. Hal ini guna mengantisipasi karhutla.