Camat Sukajadi Pekanbaru Ajak Ketua RT-RW Dukung 4 Program Pj Wali Kota

Camat Sukajadi Pekanbaru Ajak Ketua RT-RW Dukung 4 Program Pj Wali Kota

6 April 2023
Camat Sukajadi Desheriyanto usai rapat koordinasi dengan para ketua RT dan RW pada 5 April 2023. Foto: Istimewa.

Camat Sukajadi Desheriyanto usai rapat koordinasi dengan para ketua RT dan RW pada 5 April 2023. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Para ketua RT dan RW Kecamatan Sukajadi diajak mendukung empat program Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Pasalnya, empat program ini lebih menyentuh dan pro masyarakat. 

"Program ini disusun karena masyarakat banyak yang sudah apatis (acuh tak acuh) dengan pemerintah. Hal itu buktikan saat kunjungan lapangan Pj Wali Kota Muflihun karena masyarakat merasa tidak diperhatikan. Untuk itu, pemko membuat program yang sifatnya pelayanan dasar," kata Camat Sukajadi Desheriyanto, Kamis (6/4/2023). 

Pertama, ada bantuan santunan kematian sebesar Rp1 juta bagi ahli waris dari keluarga kurang mampu. Santunan kematian ini bertujuan membantu meringankan beban ahli waris dalam penyelenggaraan jenazah. 

Kedua, pelayanan kesehatan melalui program Doctor on Call atau Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis). Program Doctor on Call 24 jam ini bertujuan mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Melalui program ini, masyarakat bisa menelpon puskesmas apabila membutuhkan pelayanan. Dokter bersama ambulans akan datang ke rumah untuk memeriksa. Ketika tidak bisa diobati di rumah, akan dirujuk ke rumah sakit secara gratis," papar Desheriyanto. 

Program prioritas yang ketiga, bantuan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dan berprestasi. Selain membantu meringankan beban warga kurang mampu dalam melanjutkan pendidikan anak, beasiswa ini juga bertujuan mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas. 

"Makanya, kami berikan bantuan beasiswa untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan juga mahasiswa berprestasi," jelas Desheriyanto. 

Program prioritas yang keempat, bantuan subsidi bunga pinjaman bank bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bagi pelaku UMKM bermodal sangat kecil bisa mengajukan pinjaman ke Bank Pekanbaru.

"Pemko bantu melalui subsidi bunga pinjaman," ujar Desheriyanto.