Dinas Perkim Pekanbaru Lanjutkan Program OMS Tahun Ini

Dinas Perkim Pekanbaru Lanjutkan Program OMS Tahun Ini

15 Januari 2024
Kepala Dinas Perkim Pekanbaru Mardiansyah. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinas Perkim Pekanbaru Mardiansyah. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pekanbaru melanjutkan program Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) tahun ini. OMS merupakan program pembangunan drainase di kawasan permukiman yang rawan banjir. 

Kepala Dinas Perkim Pekanbaru Mardiansyah, Senin (15/1/2024), mengatakan, program OMS masih lanjut tahun ini. Tahun lalu, program ini sudah selesai di tahap dua. 

"Hasilnya cukup bagus dan dapat mengurangi potensi banjir di wilayah tersebut. Januari ini, kami sudah membentuk OMS baru di seluruh kecamatan," ujarnya. 

Pemko Pekanbaru melibatkan warga dalam pembangunan drainase dan semenisasi di kawasan perumahan. Program padat karya ini dinamakan Organisasi Masyarakat Setempat (OMS). 

"Akhir-akhir ini, kami banyak melakukan pembenahan. Dulu tidak ada banjir, tapi sekarang dimana-mana terjadi banjir, tumpukan sampah, serta kendala lainnya. Itulah kondisi hari ini," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Rabu (7/6/2023). 

Pemko Pekanbaru membuat program OSM guna menanggulangi hal-hal yang menjadi keluhan masyarakat. Namun, penanggulangan ini dilaksanakan oleh masyarakat.

"Jika program OMS yang perdana ini berhasil, maka kami akan menambah banyak program untuk pembenahan dan penataan kota,” ucap Muflihun.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Pekanbaru Mardiansyah mengatakan, peletakan batu pertama pembangunan drainase di Jalan Merpati Sakti, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Binawidya telah dilakukan pada 4 Juni 2023. Anggaran perbaikan drainase sekitar Rp446 juta. 

Drainase yang akan diperbaiki sepanjang 500 meter. Lokasi perbaikan drainase dan semenisasi di Gang Radio.

"Perbaikan drainase dan semenisasi akan dikerjakan oleh OMS Kecamatan Binawidya," ujar Mardiansyah.