Disdik Pekanbaru Paparkan Urutan Pendaftaran PPDB Online di SMP Negeri

Disdik Pekanbaru Paparkan Urutan Pendaftaran PPDB Online di SMP Negeri

15 Juni 2023
Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru memaparkan langkah-langkah pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online di SMP negeri. Ada 10 langkah dalam pendaftaran online.

"Ada sepuluh alur yang kami tetapkan dalam PPDB online. Pertama, calon peserta didik baru menyiapkan akun siswa dan berkas persyaratan sesuai jalur PPDB," kata Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal, Kamis (15/6/2023).

Kedua, calon peserta didik baru mendaftar di laman situs PPDB online (ppdbpekanbaru.id) mulai 26 Juni hingga 1 Juli 2O23. Ketiga, calon peserta didik baru melakukan login dengan menggunakan akun siswa.

"Keempat, calon peserta didik baru mengunggah (upload) dokumen asli persyaratan sesuai jalur yang dipilih. Kelima, calon peserta didik baru memilih sekolah tujuan," ucap Jamal.

Keenam, operator SMP Negeri melakukan verifikasi dan validasi dokumen yang diunggah oleh calon peserta didik baru. Ketujuh, calon peserta didik baru mencetak bukti pendaftaran.

"Dengan syarat, semua dokumen asli telah selesai diverifikasi oleh operator SMP negeri," ujar Jamal.

Kedelapan, calon peserta didik baru memantau jurnal dan hasil sementara PPDB secara berkala pada laman sistem aplikasi PPDB. Kesembilan, hasil PPDB diumumkan pada 3 Juli 2023.

"Terakhir, peserta didik baru yang lulus seleksi PPDB melakukan daftar ulang di SMP negeri tujuan pada 3-5 Juli 2023. Apabila tidak melakukan daftar ulang maka dianggap mengundurkan diri. Daftar ulang tidak dikaitkan dengan persyaratan keuangan seperti titipan uang seragam, uang buku, uang bangku dan lain-lain," sebut Jamal.