Disdukcapil Pekanbaru Operasikan Mobil Adminduk Keliling di Kantor Kelurahan

Disdukcapil Pekanbaru Operasikan Mobil Adminduk Keliling di Kantor Kelurahan

9 Januari 2024
Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru mengoperasikan mobil Adminduk Keliling pada tahun ini. Namun, mobil ini hanya dioperasikan di lokasi tertentu dan kantor kelurahan. 

"Target tahun ini, kami ingin meningkatkan kinerja di bidang pelayanan. Kami sudah memiliki target kinerja dari pusat," kata Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita, Selasa (9/1/2024). 

Seluruh target itu harus tercapai. Proses terberat adalah pengalihan dari Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) ke Identitas Kependudukan Digital (IKD). Disdukcapil harus datang ke rumah-rumah warga untuk proses peralihan dari KTP-el ke IKD. Salah satu upaya yang dilakukan adalah warga yang mengurus pencetakan KTP-el langsung diarahkan ke IKD. 

"Kami juga akan mengoperasikan mobil Adminduk Keliling tahun ini. Kami telah menganggarkan operasional mobil tersebut," ungkap Irma. 

Mobil Adminduk Keliling hanya cocok dioperasikan di jalan lebar dan tak ada kabel melintang. Makanya, mobil ini lebih cenderung beroperasi ke lokasi event-event. 

"Bisa juga, kami operasikan di kantor-kantor kelurahan," jelas Irma.